Penggunaan Indikator Kinerja Guru

Penggunaan Indikator Kinerja Guru

Tujuan: Memperkenalkan kepada calon penilai tentang cara menggunakan indikator kinerja sebagai pembanding untuk mengevaluasi kinerja guru.

Bahan: Satu video pembelajaran (SMPN 28 Bandung, Ibu Elis Rosdiawati, Bahasa Inggris); video yang digunakan berdurasi 2 x 10 menit (Segmen 1 dan 2); lembar kerja, lembar evaluasi dan laporan (versi lengkap), RPP tidak diperlukan karena tidak digunakan dalam penilaian di Kompetensi 6.

Kegiatan: Latihan ini fokus untuk melakukan penilaian pada Kompetensi 6:
1.Bacalah pernyataan kompetensi (deskripsi, indikator, dan proses penilaian) hanya untuk Kompetensi 6.
2.Simaklah segmen 1 contoh proses pembelajaran dan buatlah deskripsi/catatan proses pembelajaran yang diamati berdasarkan langkah-langkah dalam proses penilaian.
3.Sampaikanlah hal-hal yang telah dideskripsikan ke depan forum dan tentukanlah apakah informasi yang disampaikan sudah cukup untuk melakukan penilaian dari seluruh indikator atau belum. Bila belum cukup simaklah video segmen ke dua.
4.Lakukanlah penilaian untuk setiap indikator kompetensi dan hitunglah total nilai.
5.Nilai, alasan-alasan pemberian nilai, dan catatan-catatan lain yang dibuat oleh masing-masing peserta kemudian dibandingkan di dalam kelompok, dengan memperhatikan: a) tingkat kepentingan setiap rincian catatan; b) kecocokan antara catatan-catatan tersebut, indikatornya, dan nilai yang diberikan untuk setiap indikator.
6.Bandingkanlah jawaban kelompok dengan model jawaban.

PENGAMATAN

PENGAMATAN

PENILAIAN

PENILAIAN

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s