TRANSPARANSI DALAM PENILAIAN, by NURIL ANWAR

BEBERAPA POLA PIKIR YANG MELANDASI  (1). menurut krathwohl (1961) bila ditelusuri hampir semua tujuan kognitif mempunyai  komponen afektif.pembelajaran sains, misalnya, di dalamnya ada komponen sikap  ilmiah. sikap ilmiah adalah komponen afektif. peringkat ranah afektif menurut  taksonomi krathwohl ada lima, yaitu: receiving (attending), responding, valuing,  organization, dan characterization (2) hasil belajar menurut bloom (1976) mencakup prestasi belajar, kecepatan  belajar, dan hasil afektif. andersen (1981) sependapat dengan bloom bahwa  karakteristik manusia meliputi cara yang tipikal dari berpikir, berbuat,                     dan perasaan(3). penilaian akan lebih transparan bila : ada kreteria  penilaiannya yang jelas, dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk murid,  serta dilakukan sebelum, pada saat poses berlangsung, saatselesai pembelajaran (4).  bila : ada instrument penilaiannya yang mengarah transparansi  (dapat diukur dengan menggunakan diskriptor yang mengacu pada  indikator dari kd (kompetensi dasar) yang telah dirancang dalam  analisis penjabaran materi evaluasi. ADA BEBERAPA DASAR HUKUM YANG MELANDASI (1)UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Pasal 58 Ayat (1): Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pen-didik untuk  memantau proses, kemajuan, dan perbaik-an hasil belajar peserta  didik secara berkesinambungan (Enternal Evaluation) Pasal 58 Ayat (2): Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, & program pendidikan  dilakukan  oleh  lembaga  mandiri  secara berkala, menyeluruh,  transparan, dan sistemik, untuk menilai pencapaian standar nasional  pendidikan. (External Evaluation) (2) PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Ketentuan  pasal  58 UU  No. 20  Tentang SISDIKNAS, dijabarkan  lebih lanjut dalam Pasal 63 Ayat (1) PP No. 19 Tahun 2005, sbb. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah  terdiri atas: a. Penilaian hasil  belajar oleh pendidik; b. Penilaian  hasil belajar oleh satuan pendidikan; c. Penilaian hasil belajar                               oleh pemerintah Dari dua hal tersebut di atas sengaja di kutip untuk   keperluan penyajian  dalam makalah sederhana ini, yaitu: penilaian              hasil pembelajaran  dan penilaian proses pembelajaran. Penilaian hasil pembelajaran kami contohkan keberadaan rubrik  penilaian yang merupakan salah satu format penilaian yang             transparan, seperti berikut : 1). Beberapa contoh format                  Penilaian Hasi Pembelajaran 2). Beberapa contoh Format  Penilaian   Proses Pembelajaran                                                                                                         KONSEP PENILAIAN Evaluasi/penilaian merupakan proses mengumpulkan data/informasi  menganalisis untuk menentukan “makna” berdasarkan kriteria tertentu              (Sumadi, 1996) Dalam pengumpulan data diperlukan tahapan proses penilaian, yaitu antara lain : Tahap Persiapan: dalam kediatan ini yang kita lakukan yaitu: merumuskan tujuan  penilaian /jenis kaputusan, mendiskripsikan informasi yang didengar,  menentukan instrumen yang sesuai, serta menentukan criteria. Tahap Pengumpulan Data: Tahapan ini dilakukan pengumpulan data  dengan pengukuran (mengangkakan gejala secara kualitatif dengan alat  tertentu melalui  tes atau non tes. Tahap Penilaian: yaitub tahap untuk membandingkan data dengan criteria  dan membuat kesimpulan penilaian. Kesimpulan evaluasi yang diputuskan itu dalm rangka sebagai alat motivator,  alat seleksi, penentuann prestasi, penempatan atau untuk umpan balik sesuai  dengan tujuan yang telah dipilih(Fungsi Evaluasi). Disamping itu dalam melaksanakan evaluasi ada beberapa hal yang harus  diperhatikan, yaitu  beberapa Prinsip Evaluasi, antara lain bahwa evaluasi  harus : bersifat bjektif, Komprehensif, Berkesinambungan, Instrumennya  standard memenuhi syarat, Mengembangkan kreatifitas berbahasa dan berfikir Instrumen  dalam evaluasi yang baik harus memenuhi syarat, a.l. :  Validitas ( Validitas isi, validitas kontruksi, validitas kriteria), Reabilitas,  Daya beda dan tingkat kesulitan. Transparansi dalam penilaian hakikatnya merupakan kejelasan kritetria  yang telah ditentukan sehingga transparansi dalam masalah ini beberapa  karakteristik sebagai berikut : Transparan dalam penilaian proses pembelajaran & hasil belajar Yang dimaksud transparansi dalam penilaian :

  1. Dapat dilakukan oleh siapapun karena rubriknya jelas bahkan murid pun  bias menilai (autentik assismen)
  2. Mengacu pada sistem penilaian kelas.
  3. Berorientasi pada proses pembelajaran buku pada tujuan pembelajaran.  Karena itu tidak hanya menilai hasil kemajuan siswa tapi juga menilai  kualitas proses pembelajaran yang dilakukan siswa/guru.
  4. Komponen-komponen yang dinilai mengacu pada diskriptor yang bersumber  pada indicator masing-masing kompetensi dasar (spesifikasi indikator)
  5. Menggunakan instrument-instrumen yang berlaku dalam penilaian kelas seperti : portofolio, projek, rubrik  penilaian pengamatan proses, dsb

BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN KELAS   MENGGUNAKAN MULTI METODE &TEKNIK

  1. TES
  2. NON TES: yang meliputi:
  • PRODUK
  • PROJEK
  • PENILAIAN  DIRI
  • PENILAIAN KINERJA
  • SKALA SIKAP DAN PERILAKU
  • PORTOFOLIO
  • RUBRIK penilaian

Catatan: Pemilihan metode dan teknik disesuaiakan dengan Karakteristik Kompetensi  yang akan dinilai penca-paiannya.

  1. TES

TES (FORMAL TEST) TERDIRI DARI:

  • TES TERTULIS
  • TES PRAKTIK/KINERJA
  • TES LISAN

CATATAN:

  • Tes harus dipersiapkan dengan baik;
  • Dilaksanakan dengan baik; dan
  • Diskor secara objektif.
  1. NON TES

1). PRODUK Penilaian produk adalah penilaian terha-dap  hasil kerja siswa. Aspek penilaiannya  meliputi:

  • Kualitas teknis;
  • Kualitas estetis; dan
  • Proses menghasilkan karya.

Yang dimaksud dengan karya adalah SUATU BEN-DA, karya seni atau hasil  pekerjaan tangan  yang dibuat oleh siswa. Instrumen Penilaian: Daftar Cek atau Skala Rentang 2). PROJEK Penilaian projek adalah penilaian kinerja siswa berdasarkan tugas yang harus  diselesaikan da-lam jangka waktu tertentu. Instrumen Penilaian: Daftar Cek atau Skala Rentang PELAKSANAAN PENILAIAN PROJEK:

  1. Tugas  yang  diberikan  dapat  berupa penelitian  seder-hana,   sesuai  dengan   tingkat  usia  dan jenjang pendi-dikan, dimak-sudkan supaya siswa menemukan sendiri pengetahuan atau kompetensi  yang ingin diajarkan.
  2. Projek dapat digunakan dalam  penilaian formatif, diag-nostik,  & sumatif.
  3. Penilaian projek dapat berfokus pada  PROSES  dan/atau PRODUK.
  4. Pendekatan penilaian dapat dilakukan secara holistik atau analitik.

CONTOH PENILAIAN PROJEK SISWA DITUGASKAN:

  1. Mengunjungi musium sejarah;
  2. Mempelajari peristiwa latar belakang terjadi-nya perang diponegoro;
  3. Membuat laporan berupa karya tulis (dengan petunjuk yang jelas)

ASPEK YANG DINILAI:

  1. SISTEMATIKA LAPORAN (dapat dirinci dalam Bab-bab)
  2. KELUASAN/KELENGAPAN DATA/INFORMASI;
  3. KEDALAMAN PEMBAHASAN;
  4. PENAMPILAN LAPORAN (Bentuk, kerapian, dsb.)
  5. PENGGUNAAN BAHASA (Ejaan, rumusan kalimat, dsb).
  6. FORMAT PENILAIAN  (Daftar Cek atau Skala Rentang)

PENILAIAN KINERJA Penilaian kinerja adalah penilaian yang meminta peserta tes  untuk   mendemonstrasikan & meng-aplikasikan  pengetahuan  dalam berbagai  kegi-atan dan konteks, sesuai dengan kriteria  yang diinginkan. Instrumen Penilaian: Daftar Cek, Skala Rentang, & Portofolio                                  PORTOFOLIO Porto polio adalah berkas   kumpulan   dokumen                    yang re-levan dan  dapat memberikan informasi secara utuh tentang  kinerja siswa dalam mata pelajaran tertentu  TUJUAN PENGGUNAAN PORTOFOLIO

  1. Menghargai perkembangan yang dialami siswa;
  2. Mendokumentasikan proses pembelajaran;
  3. Memberi perhatian pada prestasi kerja siswa;
  4. Merefleksikan kesanggunpan mengambil resiko dan melakukan eksperimentasi;
  5. Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;
  6. Bertukar informasi dengan orang tua siswa dan guru lain;
  7. Mempercepat pertumbuhan konsep diri positif;
  8. Meaningkatkan kemampuan refleksi diri;
  9. Membantu siswa dalam merumuskan tujuan.

PRINSIP PENGGUNAAN PORTOFOLIO

  1. Saling percaya (mutual trust);
  2. Kerahasiaan bersama (confidentiality);
  3. Milik bersama (joint ownership);
  4. Kepuasaan (satisfaction);
  5. Kesesuaian (relevan);
  6. Penilaian proses dan hasil;

FUNGSI PORTOFOLIO

  1. Tempat penyimpanan hasil kerja siswa;
  2. Sumber informasi bagi guru & siswa;
  3. Sebagai alat untuk melihat:
  4. perkembangan tanggungjawab siswa;
  5. perluasan dimensi belajar;
  6. pembaharuan proses belajar-mengajar;
  7. perkembangan pandngan siswa dlm belajar.

  PERBEDAAN PORTOFOLIO & TES

  1. Dari segi jumlah tugas yang dinilai;
  2. Dari segi penilai;
  3. Dari segi kriteria yang diginakan dalam menilai:
  4. Dari segi kerja sama dalam menilai (kolabiratif);
  5. Dari segi tujuan penilaian diri oleh siswa;
  6. Dari segi aspek yang dinilai;
  7. Dari segi hubungan antara kegiatan pembelajar-an, testing, dan pngajaran.

MERANCANG PENILAIAN PORTOFOLIO

  1. Penentuan Tujuan;
  2. Penentuan isi Portofolio;
  3. Seleksi hasil kerja siswa;
  4. Pengamatan & penilaian;
  5. Kriteria penilaian;
  6. Format penilaian

Penentuan isi Portofolio;

  • Isi portofolio, misalnya: hasil tes, hasil penilaian diri, dsb.
  • Harus berhubungan dengan Kompetensi Dasar dan indi-kator hasil belajar.
  • Menentukan seberapa banyak bahan yang digunakan da-lam penilaian.

  Pengamatan & penilaian;

  • Membedakan antara penilaian individual & kelompok;
  • Harus sesuai dengan Kompetensi Dasar & Indikator;
  • Memastikan kriteria penilaian dengan benar;
  • Kriteria harus sesuai dengan indikator hasil belajar;
  • Kriteria mencakup rentang kemampuan yang jelas;
  • Kriteria harus mudah dikomunikasikan;
  • Kriteria harus tidak bias;
  • Kriteria harus reliabel.

  Format penilaian:

  • Disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi  yang harus dikuasai siswa;
  • Dapat menggambarkan  dengan  jelas  indikator pencapaian kompetensi.

  PENERAPAN PORTOFOLIO Langkah-langkah:

  • Memastikan siswa memiliki berkas portofolio;
  • Pengumpulan bahan;
  • Menyiapkan Buku Catatan Guru;
  • Mengadakan pertemuan portofolio;
  • Melibatkan orang tua;
  • Melibatkan kawan belajar.

  MEMASTIKAN SISWA MEMILIKI BERKAS PORTOFOLIO:

  • Menentukan bentuk dokumen & hasil kerja;
  • Siswa mengumpulkan dan menyimpan dokumen serta hasil kerja;
  • Menentukan kriteria penilaian;
  • Mengharuskan siswa menilai hasil kerja sendiri;
  • Menentukan waktu pertemuan portofolio;
  • Melibatkan orang tua.

  PENGUMPULAN BAHAN:

  • Menentukan waktu, kapan dimulai & berakhir;
  • Bahan yang dapat dikumpulkan, misalnya;
  1. penghargaan tertulis dan lisan;
  2. hasil kerja biasa & hasil pelaksanaan tugas;
  3. daftar ringkasan pekerjaan;
  4. catatan sbagai peserta dalam kerja kelompok;
  5. catatan/laporan dari pihak yang relevan;
  6. Catatan/absensi kehadiran;
  7. hasil tes;
  8. catatan peringtan dari guru, dsb.

Menyiapkan Buku Catatan Guru:

  • Berisi catatan tentang identitas dan informasi perkem-bangan                     siswa, antara lain:
  1. hasil pertemuan portofolio;
  2. cacatan khusus berhubungan dengan perkembangan

siswa sepanjang waktu;

  1. informasi diagnostik;
  2. informasi berkaitan dengan proses pembelajaran.

  MELIBATKAN ORANG TUA:

  • Pada akhir   semester  atau  akhir  tahun pelajaran, guru mengadakan  pertemuan dengan  orang tua untuk meng-komunikasikan dan memberi  kesempatan menyampaikan pandangan,  komentar, dan penilaian   terhadap   kinerja siswa berdasarkan informasi dalam portofolio.

  ANALISIS HASIL & PELAPORAN

  • Analisis hasil penilaian meliputi:
  1. perkembangan siswa dalam kurun waktu

tertentu;

  1. hasil kerja siswa berkaitan dengan bakat &

keterampilan khusus;

  1. refleksi nilai siswa dalam berbagai aspek tujuan pembelajaran.

PELAPORAN DAN PEMANFAATAN:

  1. Laporan untuk siswa
  2. Unpan balik untuk guru
  3. Laporan untuk orang tua

RUBRIK PENILAIAN Adalah format penilaian hasil atau proses                 pembelajaran dengan  memanfaatkan deskreptor untuk menjaring           skor secara transparan Beberapa contoh dan blanko                              rubrik penilaian(Lampiran)

RUBRIK  PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA   Nama :  . . . .. . .. . . .. . . . . .. . . . Semester.tagl. :  . . . .. . .. . . .. . . . . .. . . . Kelas :X Aspek : Mendengarkan/menyimak Kompetensi Dasar : Mendengarkan isi, dan menanggapi pembacaan laporan perjalanan

No. Aspek yang dinilai Deskriktor Penilaian
Level  1 Level  2 Level  3
1 Sistematika/format mampu menuliskan pokok- pokok laporan

perjalanan ke dalam kerangka

mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan ke dalam kerangka secara sistematis mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan ke dalam kerangka secara sistematis dan padu
2 penggunaan bahasa Mampu menanggapi laporan teman

dengan cara bertanya, berpendapat,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       dan memberikan masukan dengan

bahasa yang singkat

Mampu menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan dengan bahasa yang singkat dan jelas Mampu menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan dengan bahasa yang singkat, jelas, dan komunikatif
3 Kelengkapan isi dan urutan isi mampu menangkap pokok-

pokok laporan

perjalanan secara lengkap

meskipun belum berurutan

mampu menangkar pokok-pokok laporan perjalanan secara lengkap dan berurutan namun masih ada pokok-pokok yang tidak sesuai dengan tema mampu menangkar pokok-pokok laporan perjalanan secara lengkap dan berurutan sesuai dengan tema laporan

Keterangan Level 1 =  rentang nilai  65   s.d  74 Level 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84 Level 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100

Level Jumlahnilai Rata-rata nilai
1
2
3

Malang,  …………………… Korektor, …………………………………

RUBRIK  PENILAIAN HASIL                                                                             Mata pelajaran  :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                   Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                     Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                               Kelas:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                        Aspek :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

NO. DESKREPTOR  PENILAIAN NILAI
K1 K2 K3 S1 S2 S3 B1 B2 B3
1                    
2                    
3                    
4                    
5                    
6                    
7                    
8                    
9                    
11                    
12                    
13                    
14                    
15                    
16                    

Keterangan                                                                                                                                                   K 1 = rentang nilai  65   s.d 74                                                                                                                                                                    K 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84                                                                                                                                                                  K 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100                                                                                                          S 1 =  rentang nilai  65   s.d  74                                                                                                          S 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84                                                                                                            S 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100                                                                                                               B 1 =  rentang nilai  65   s.d  74                                                                                                                                                                  B 2 =  rentang nilai 75 s.d.  84                                                                                                                                                            B 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
K
S
B

Malang,………………………… Korektor, ………………………….

RUBRIK  PENILAIAN HASIL Mata pelajaran  :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                                     Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                  Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                  Aspek :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

No. Aspek yang  dinilai Deskriktor Penilaian
Level  1 Level 2 Level 3
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Keterangan Level 1 =  rentang nilai  65   s.d  74 Level 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84 Level 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100

Level Jumlahnilai Rata-rata nilai
1
2
3

Malang,………………………… Korektor, ………………………….

RUBRIK  PENILAIAN  PROSES PEMBELAJARAN                                   Mata pelajaran:. . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                                                                                     Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                          Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                                           Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                                      Aspek :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

NO. ASPEK YANG  DINILAI DESKREPTOR                                    PENILAIAN NILAI
1 2 3 4 5 6
1 KEAKTIFAN              
1.1   Mampu/tidak                                       menjawab                                       pertanyaan teman            
1.2   (Mampu/kurang/tidak)                     mengerjakan

tugas yang diberikan                                         guru

           
1.3   (Mampu/kurang/                 tidak) bertanya                          saat mengikuti                               pembelajaran            
2 RESPON              
2.1   (Mampu /tidak/kurang)                          menanggapi

pertanyaan  yang                                          diajukAN.

           
2.2   (Mampu/kurang/                       tidak) menanggapi                         hasil tugas teman            
3 KREATIVITAS              
3.1   (Mampu/kurang/                      tidak mampu)                 mempresentasikan  tugasnya di depan kelas            
3.2   (Mampu/kurang/                      tidak mampu)             menjawab pertanyaan              teman dalam                                 presentasi di                                                  depan kelas            

Keterangan                                                                                                                                                1 =  rentang nilai  40   s.d  50                                                                                                               2 =  rentang nilai 51 s.d. 60                                                                                                                  3 =  rentang nilai 61 s.d. 70                                                                                                                   4 =  rentang nilai  71   s.d  80                                                                                                                5 =  rentang nilai 81 s.d. 90                                                                                                                   6 =  rentang nilai 91 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
K
S
B

Malang. . . . . . . . . . . …………. Korektor, . . . . …… . . . . .. . . . . . . . . . . . .

RUBRIK  PENILAIAN  PROSES PEMBELAJARAN                             Mata pelajaran       :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .               Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                               Aspek :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

NO. ASPEK YANG  DINILAI DESKREPTOR  PENILAIAN NILAI
1 2 3 4 5 6
1 KEAKTIFAN              
1.1                      
1.2                      
2 RESPON              
2.1                      
2.2                      
3 KREATIVITAS              
3.1                      
3.2                      

Keterangan                                                                                                                                                1 =  rentang nilai  40   s.d  50                                                                                                                2 =  rentang nilai 51 s.d. 60                                                                                                                  3 =  rentang nilai 61 s.d. 70                                                                                                                  4 =  rentang nilai  71   s.d  80                                                                                                                5 =  rentang nilai 81 s.d. 90                                                                                                                   6 =  rentang nilai 91 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
K
S
B

Malang,  . . . . . . . . . . …………. Korektor, . . . . …… . . . . .. . . . . . . . . . . . ..  .

FORMAT  REKAP PENILAIAN                                                       PROSES PEMBELAJARAN                                                                                     Mata Pelaja: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                  Kelas/Prpgram : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  Kompetensi Dasar : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

No. Nama  Siswa Aspek
Keaktifan Respon Kreativitas Nilai  Rata2
1          
2          
3          
4          
5          
6          
7          
8          
9          
10          
11          
12          
13          
14          
15          
16          
17          
18          
19          
20          
21          
22          
23          
24          
25          
26          
27          
28          
29          
30          
31          
32          
33          
34          
35          
36          
37          
38          

    Malang,  . . . …………………… . Guru/Kolaborator,           ____________________  

DAFTAR NILAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012.                                                                                        KELAS X OTR/SMT 2                                                                                                       KKM : 7.50                                                                                                                   MATA PELAJARAN BAHJASA INDONESIA

No Nama NILAI
NP SK 1 NP Rata2
MENYIMAK BERBICARA MEMBACA MENULIS Men Berb Memb menl
1 2 1 2 1 2 1 2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39

Malang,                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran

_________________ NIP.