Keunggulan Dan Kelemahan Linguistik Fungsional dalam Bahasa Indonesia

Linguistik fungsional dipelopori oleh Roman Jakobson dan Andre Martinet, kehadirannya  sangat berarti dalam upaya menjembatani kesenjangan (gap) antara linguistik struktural  Amerikadan Eropa. Linguistik struktural (Eropa) banyak dipengaruhi oleh gagasan fungsi-fungsi linguistik yang menjadi ciri khas aliran Praha. Trubeckoj terkenal mengembangkan ode-metode deskripsi fonologi, maka R. Jakobson terkenal karena telah menyatakan  dengan pasti pentingnya fonologi diakronis yang mengkaji kembali dikotomi-dikotomi F. de Saussure antara lain dikotomi yang memisahkan dengan tegas sinkronis                                                                                     dan  diakronis. Andre Martinet banyak mengembangkan teori-teori aliran Praha.                                                                       Dengan tulisannya  tentang  netralisasi dan segmentasi. Pikiran- pikirannya   telah memperkaya dan mengembangkan studi linguistik, terutama fonologi desk riptif,  fonologi diakronis, sintaksis, dan linguistik umum, disamping ia menerapkan metode                                                                                       dan  linguistik  modern dengan menaruh   perhatian yang luar  biasa pada  kenyataan                                                                       bahasa aktual. Gagasan Jakobson merupakan pengembangan dari pemikiran-pemikiran aliran Praha. Selain fungsi linguistik sebagai ciri khas sekolah Praha, ia juga                                                                            menyoroti  fungsi-fungsi unsur tertentu dan fungsifungsi aktivitas linguistik itu sendiri.  Jakobson memandang suatu tindak linguistik dari enam  sudut,  yaitu (1) dalam hubungan                                                          dengan pembicara,  (2) pendengar, (3) konteks, (4) kontak,  (5) kode, dan  (6) pesan.                        Sehingga ia menemukan enam fungsi, yaitu:

  1. Ekspresif, berpusat pada pembicara, yang ditujukan oleh interjeksi-interjeksi;
  2. Konatif, berpusat pada pendengar, yang ditujukan oleh vokatif dan imperative;
  3. Denotative, berpusat pada konteks, yang ditujukan oleh pernyataan-pernyataan faktual, dalam pelaku ketiga, dan dalam suasana hati indikatif;
  4. Phatic, berpusat pada kontak, yang ditujukan oleh adanya jalur yang tidak                                                                                  terputus antara  pembicara  dan pendengar. Misalnya, dalam pembicaraan                                     melalui telefon, kata-kata ‘hello, ya..ya…,  heeh’ yang  dipergunakan                                                                                        untuk membuat  jelas bahwa seseorang masih mendengarkan dan                                                                                                    menunjukan  jalur  percakapan tidak terputus;
  5. Metalinguistik, berpusat pada kode; yang berupa bahasa                                                                                                 pengantar ilmu pengetahuan,  biasanya  berisi rumus-rumus atau                                                                                                         lambang-lambang tertentu;
  6. Puitis, berpusat pada pesan. Selanjutnya gagasan dan pandangan Jakobson lain adalah telaah                                                                                                       tentang aphasia dan  bahasa kanak-kanak. Aphasia yang  dimaksud                                   adalah gejala kehilangan kemampuan menggunakan bahasa  lisan baik  sebagian maupun seluruhnya, sebagai akibat perkembangan yang salah.                                                                                                 Gangguan afasik  dapat dike lompokkan menjadi dua, yakni:   Similarity                                                                                                     disorders,  yang mempengaruhi seleksi dan s ubtitusi item, dengan                                                                                           stabilitas kmbinasi dan  konsstektur yang bersifat relative.                                                                                                                                                                                 7. Contiguity disorders,  seleksi dan subtitusinya  secara relative                                                                                                normal sedangkan  kombinasi rusak dan tidak gramatikal, urutan                                                        kata kacau, hilangnya infleksi dan preposisi,  konjungsi,  dan                             sebagainyaJakobson juga menekankan pentingnya korelasi-korelasi                                                        fonologis sebagai seuntai perbedaan-perbedaan arti yang terpisah.   Menurut buku Jakobson dan Halle Fundamentals of Language,  1956,  menyatakan ciri-ciri expressive, configurative, dan distinctive:
  1. Expressive, meletakan tekanan pada bagian  ujaran  yang berbeda                                            atau pada ujaran yang berbeda; menyarankan  sikap emosi pembicara;
  2. Configurative, menandai bagian ujaran ke dalam satuan-satuan                   gramatikal, dengan memisahkan ciri kulminatif satu persatu,                                                                                                                atau dengan  memisahkan  membatasinya (ciri-ciri demarkatif);
  3. Distinctive, bertindak untuk memperinci satuan-satuan linguistik,                                               dimana ciri-ciri itu terjadi secara serempak  dalam untaian, yang                                                                                                            berujud  fonem.  Fonem-fonem dirangkaikan ke dalam  urutan;                                          pola dasar urutan serupa itu berujud suku kata.   Dalam setiap suku                                    kata terdapat bagian yang lebih nyaring yang  berupa puncak.                                                                                                        Bila puncak  itu  berisi dua fonem atau lebih,  maka salah satu                                               daripadanya adalah puncak fonem atau puncak   suku  kata.                                            Tokoh lain dalam linguistik fungsional adalah Andre  Maertinet,                                                                                   ia juga  mengembangkan  teori- teori Sekolah Praha. Pikiran-pikiran                                                                                    Martinet mengenai  fonologi deskriptif,  fonologi diakronis, sintaksis,                                     dan linguistik umum merupakan sumbangan  pemikiran bagi linguistik                                modern. Fonologi sebagai fonetik fungsional  harus berdasarkan                                                                                                                    fakta – fakta dasar atau mengetahui fungsi-fungsi perbedaan                                                                                                                          bunyi  bahasa sebagaimana mestinya. Martinet mencurahkan                   perhatian pada fonologi diakronis, dengan mencoba membuat                                                                                                               deskripsi  murni, dimana fonologisasi dan  defonologisasi direkam,                                                                       disertai keterangan tentang  perubahan-perubahan menurut prinsip-prinsip umum. Kriterium interpretasi dasar diberikan oleh dua                                                                                     unsur yang berlawanan:   (1) efisiensi  dalam komunikasi, dan                               (2) tendensi pada upaya yang minimum. Ia juga menyatakan                                                                                                                       analisis  fonem  ke dalam ciri-ciri distingtif mengungkapkan                                                                                                          adanya korelasi-korelasi, dimana sebuah fonem yang terintegrasi                                                     dalam untaian korelatif akan menjadi stabil.  Ia telah  mengembangkan                                                                                                 gagasan  artikulasi rangkap yang menarik.  Ucapan bahasa pertama-tama                                                                                             melalui s uatu artikulasi dalam monem-monem  yang berupa unit-unit                                                                 dasar gramatis yang oleh para  linguis  Amerika disebut morphem.  Sejumlah ujaran yang tak terbatas dapat diidentifikasikan oleh  monem-  monem yang terbatas jumlahnya. Setiap artikulasi melibatkan ekspresi                                                                                                 dan isi.  Monem  adalah satuan  dwimuka: ekpresi dan isi.  Bagi Martinet,                       konsep dasar analisis fonologi yaitu fonem sedang kan bagi  Jakobson yaitu                 ciri distingtif.Martinet juga menerapkan wawasan  fungsionalnya pada  sintaksis,                                                             dan telah mensinte sakan teori-teorinya itu dalam tulisan-tulisan yang ringkas dan seimbang: Elements of General Linguistics, dan A Functional  View of Language. Didalam karya tersebut dirumuskan dengan jelas perbedaan antara  (i) monem fungsional, seperti preposisi, kasus akhiran, yang konetif dan centrifugal yang   menunjukkan adanya hubungan diantara satu unsur dengan bagian ujaran; dan (ii) monem  pengubah, seperti satuan gramatikal artikel yang centripetal; nilai tunggal atau jamak                                                                             dan  unsur-unsur yang dibutuhkan.  Martinet juga menggarisbawahi juga fungsi sintaksis                            sebagai gagasan yang sentral.  Gagasannya ini berupa kelanjutan wawasan                         fungsional yang telah disarankan oleh Sekolah  Praha. Fungsi-fungsi bahasa                                                                                  dan fungsi-fungsi unsur linguistik  sebagai  suatu sistem unsur-unsur atau                                                                                struktur unsur-unsur, dipelajari  untuk menjelaskan perbedaan bahasa                                                          dengan sistem tanda buatan yang  mungkin distrukturkan dalam suatu cara                           yang sama tetapi tak dapat memiliki fungsi-fungsi yang sama seperti  bahasa. Bagaimanapun pandangan struktural itu dapat dirujukkan    kembali dengan pandangan fungsional, meskipun hal itu bagi Martinet                                                                                adalah pelengkap  logisnya. Pilihan nama fungsional sebagai pengganti                                           struktural, menunjukkan bahwa aspek  fungsional adalah  paling membuka pikiran, dan bahwa hal itu tidak mesti dipelajari secara   terpisah dari yang lain.Pada khasanah kebahasaan, bila memahami                                                                            gagasan dan pandangan  linguistik  Fungsional, maka aliran ini sangat                                                                              mempengaruhi tata  bahasa dalam khasanah   perkembangan linguistic                                                                        sebelumnya, sekaligus  membuka cakrawala baru agar aspek  fungsional menjadi pertimbangan penelitian bahasa. Dengan menelurkan                                                                          istilah fungsional,  praktis landasan yang digunakan dalam melihat bahasa                                                  berdasarkan fungsi, khususnya  tataran fonologi, morfem, dan sintaksis.                Keunggulan aliran ini adalah kita dapat mengetahui  bahwa setiap fonem  (bunyi) itu memiliki fungsi, sehingga dapat, membedakan arti. Setiap  monem (istilah Martinet) yang diartikulasikan memiliki isi dan ekspresi,                                                                        dengan begitu dapat  dilihat fungsinya. Kemudian pada tataran yang                                     lebih besar yaitu sintaksis, aliran ini menekan kan pada fungsi  preposisi dan struktur kalimat, maksudnya unsur linguistik dalam sebuah  kalimat dapat dijelaskan dengan merujuk pada fungsi sehingga                                                                           ditemukan pemahaman logis  yang utuh. Jadi, aliran ini telah berhasil                     melihat setiap komponen bahasa berdasarkan fungsi  dan menginspirasi  gagasan adanya relasi antara struktur dan fungsi bahasa.Sementara dalam  dunia sastra, gagasan Jakobson tentang enam fungsi bahasa menjadi  pijakan dalam menelaah karya sastra. Idenya tersebut melahirkan istilah                                                                           model komunikasi  sastra, yang memusatkan pada pesan yang terkandung                                         dalam karya sastra. Model ini banyak  diadopsi untuk menggali  fungsi bahasa dalam wacana baik wacana ilmiah maupun non ilmiah,                                                                   sastra maupun non sastra.

Kelemahan Linguistik Fungsional

Dalam kebahasaan, aliran ini tentunya memiliki beberapa titik lemah,                                                                                      diantaranya gagasan  fungsional tidak menyentuh secara mendalam                                       komponen fungsional untuk menentukan makna  dalam penelitian  bahasa, seperti pada tataran sintaksis hanya menyebutkan adanya                                                                                                           fungsi dalam  setiap struktur bahasa, namun tidak menjelaskan                                                   terminologi apa saja yang tercakup di dalamnya.  Selanjutnya, bagaimana                                       menyusun kalimat yang benar berdasarkan  fungsi pun tidak jelas.  Demikian halnya pada tataran fonologi dan morfologi. Jadi, kelemahan                                                                                  aliran ini adalah tidak  mampu menguraikan fungsi unsur linguistik lebih rinci,                                              khsususnya . pada tataran sintaksis.  Dalam struktur kalimat, gagasan aliran           ini tidak menjelaskan komponen apa saja yang tercakup  dalam aspek  fungsional pada kalimat. Sebagaimana kita ketahui ada fungsi lain dalam                                                                                                       kalimat  yaitu fungsi semantis dan fungsi pragmatis.

Sementara dalam dunia sastra, fungsi bahasa yang dinyatakan oleh                                                                                                    Jakobson, ketika  diterapkan dalam menganalisis karya sastra                                                       memiliki kekurangan. Model komunikasi sastra  Jakobson tidak                                                  memperhatikan potensi kebahasaan yang lain.  Model mengabaikan                                                                                                                                                                                                relevansi  sosial budaya.   Padahal, sosial budaya memainkan                                                                             peranan penting dalam memahami  makna bahasa, terlebih                             dalam karya sastra karena di dalamnya melibatkan aspek sosio  cultural           yang sangat kental. Mengacu pada model komunikasi sastra,  karya sastra                                                                                                         hanya  bertumpu pada pesan yang disampaikan, padahal pemahaman                                                                                         karya sastra sangat  tergantung pada pemahaman pembaca. Adanya unsur                                                           keterkaitan intertektualitas dan  intratekstualitas dalam memahami karya                                   sastra perlu diperhatikan, karena setiap karya  sastra tidak ada yang berdiri sendiri.

  1. Aplikasi Linguistik Fungsional dalam Bahasa Indonesia
  2. Jika dilihat dari contoh fonologi, penggunaan fonem /b/ pada kata  dan /p/                                                                                     pada  tidak  mempunyai  makna.   Namun karena diposisikan  bersama                                     sebagai pasangan minimal (minimal pairs),   dimana  keduanya daerah                                                                artikulasi yang sama yakni  bilabial, maka penggunaan fonem /b/ dan /p/                                                                                           menjadi   memiliki fungsi pembeda makna.
  3. Dari aspek morfologi dapat dilihat contoh penggunaan awalan Me- dan Pe-.                                                                                     Awalan me- tulis dan   pe-tulis memiliki fungsi pembeda.  Me-tulis menjadi                                    ‘menulis’ sebagai kata kerja dan pe-tulis  menjadi  ‘penulis’.  Penggunaan morfem bebas atau kata dasar yang sama namun didahului                                                                                                    oleh  morfem terikat  yang berbeda maka fungsinya pun menjadi berbeda.                                                                        Selanjutnya dari tataran   sintaksis, kalimat tersebut  memiliki struktur  yang benar. Jika disegmentasikan kalimat itu menjadi /letusan gunung                                                                                                        Merapi/, / menewaskan/,  dan /200 orang/.  Pemenggalan struktur kalimat                                                            dilakukan berdasarkan fungsi  masing-masing unsur. Kemudian penerapan f                                      ungsi bahasa menurut Jakobson dapat kita  aplikasikan dalam  analisis                                            wacana baik berupa teks maupun non-teks.  Penerapan aliran fungsional                                                                                                 dalam bahasa  Indonesia tidak  sepenuhnya dapat diterima. Selain adanya                                             konsep bahasa yang berbeda, namun juga   sulit   mencari  padanan istilah dalam  bahasa Indonesia. Namun demikian aliran ini sangat mempengaruhi   dalam  perkembangan tata bahasa bahasa Indonesia. Dengan mengenal fungsional                                                                                               maka kita  mengetahui  fungsi bahasa bukan hanya sebagai sistem                                                          ‘langue’ (istilah Sassure), tetapi juga dalam  bentuk tuturan  ‘parole’.                                                                                Dalam ranah kesusasteraan,  enam fungsi bahasa dapat dimanfaatkan                                                                                                     untuk menelaah    karya sastra.  Model komunikasi  sastra yang lebih dikenal                                        dengan model komunikasi Jakobson dapat  digunakan  dalam kajian, puisi,                                                                                         novel, drama,   dan hal lain yang menggunakan bahasa. Jadi, sebagai                                                                                                       pijakan awal  dalam mengkaji bahasa baik dalam sastra mapun linguistik,                                                                           enam fungsi bahasa dapat  diterapkan  dalam analisis bahasa Indonesia.                  Kendati demikian, sangat diperlukan adanya pengembang an konsep  dan gagasan yang dapat menjawab problematika kebahasaan secara tuntas.     Baik Jakobson maupun Martinet menyatakan bahwa bahasa merupakan                                                                                                sistem tanda  yang bermakna  yang memiliki fungsi.                                                             Bahasa merupaka semiotika sosial. Kirsten (1991:160)
  • Linguistik Fungsional merupakan gerakan linguistik yang beranggapan                                                                                        bahwa struktur  fonologis,  gramatikal dan semantic ditentukan oleh fungsi                                             yang dijalankan oleh masyarakat dan  bahwa bahasa  itu sendiri memfunyai                                                                                  fungsi yang  beraneka ragam.Kridalaksana (2008:68)
  • Gagasan-gagasannya merupakan pengembangan dari Aliran Praha.
  • Daya tarik pemikiran fungsionalisme ini diadopsi oleh pemikiran-pemikiran dan gagasan linguistik selanjutnya, seperti MAK Halliday.

Daftar Pustaka

  1. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Gramedia. Jakarta.
  2. Kirsten, Malkmajaer. 1991. The Linguistics Encyclopedia. Routledge. London &  New York.
  3. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik. Dikbud. Jakarta.

One thought on “Keunggulan Dan Kelemahan Linguistik Fungsional dalam Bahasa Indonesia

  1. Pingback: Keunggulan Dan Kelemahan Linguistik Fungsional dalam Bahasa Indonesia | LEARNING RESOURCES

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s