TEKNIK MEMBINA KERJA TIM DAN MENINGKATKAN KINERJA

TEKNIK MEMBINA KERJA TIM DAN MENINGKATKAN KINERJA

Setelah pembekalan ini, Kepala Tata Usaha SMA/SMK mampu Membina kerja tim yan efektif.

Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain  karena adanya dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim  adalah sinerji. Artinya, bekerja bersama-sama hasilnya lebih   besar daripada bekerja sendiri-sendiri. Sinerji seperti sapu lidi. Artinya, lebih kuat bersama-sama daripada sendiri-sendiri. Sinerji merupakan hasil dari koordinasi kegiatan-kegiatan tim Hunsaker, 2001).

Tim ialah kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk mecapai tujuan bersama secara efektif dan efisien (Hunsaker,2001).  Kerja tim ialah kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

Manfaat Kerja Tim, antara lain 1) Pekerjaan menjadi lebih ringan karena dilakukan bersama, 2) Dapat menimbulkan semangat kebersamaan. 3) Lebih efektif dan efisien dibandingkan dikerjakan sendiri-sendiri. 4) Kinerja organisasi lebih meningkat.

Adapun Tahapan Pembentukan Tim, antara lain: 1) Forming: kesadaran akan komitmen bersama untuk  membentuk tim dan penerimaan menjadi anggota tim. 2) Stoming : Muncul badai berupa konflik tentang klarifikasi dan kepemilikan.3) Norming : Ada  usaha untuk bekerja sama berupa   keterlibatan dan dukungan membuat dan  mematuhi norma-norma baru.4) Performing: Meningkatkan produktivitas kerja berupa  target pencapaian kinerja dan rasa bangga.5) Andjouring: Berpisah memberikan pengakuan dan kepuasan (Hunsaker, 2001)

Sedangkan Karakteristik Kerja Timyang  Efektif yaitu: 1)Misi tim TAS jelas; 2)Suasana informal; 3)Banyak berdiskusi; 4)Banyak mendengar (Pendengar yang aktif); 5)Kepercayaan dan keterbukaan.;6)Menerima perbedaan pendapat (saling menghargai); 7)Kritis terhadap isu-isu tim TAS, dan tidak bersifat pribadi

8)Konsensus adalah salah satu norma tim TAS; 9)Kepemimpinan efektif; 10)Jelas dalam penilaian

11)Mengabungkan nilai dan norma; 12)Komitmen (Manning & Curtis, 2003).

Teknik Meningkatkan Kinerja Kerja Tim dapat dilakukan, antara lain: 1) Penilaian kinerja berdasarkan standar kinerja yang telah  ditetapkan; 2) Memberikan motivasi berkinerja tinggi

3) Memberi kesempatan mengikuti pelatihan yang relevan;4) Merundingkan masalah kinerja dan cara mengatasinya; 5) Menyepakati tindakan yang akan dilakukan; 6) Memantau dan menilai terus menerus kegiatan staf; 7) Memberi umpan balik jika diperlukan; 8) Memberi penghargan yang adil dan wajar sesuai kinerja; Dapat juga menggunakan  singkatan TEAMWORK lihat modul  Administrasi Humas.

Contoh Kerja Tim, misalnya:   Tim Olah raga, Kelompok Kerja (Pokja), Gugus Kendali  Mutu (GKM), Tim Pengajar, Tim Teknisi, dan Tim Penjaminan   Mutu.

 

Ringkasan

Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain karena adanya dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim  adalah sinerji. Kerja tim ialah kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. . Manfaat Kerja Tim adalah untuk meningkatkan kebersamaan dan kinerja organisasi. Tahapan Pembentukan Tim adalah forming, storming, norming, performing, and adjourning Ada 12 karaketeristik tim kerja yang efektif. Prinsip kerja tim disingkat TEAMWORK.

 

Daftar Pustaka

Hunsaker, P.L. 2001. Training in management skills. Upper Sadle River,

New Jersey: Printice Hall.

Manning, G., & Curtis, K. 2003. The art of leadership. New York:

McGraw-Hill Irwin.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s