BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

DRS. H. ENDANG ABUTARYA, M.PD KOORDINATOR PENGAWAS SMA/SMK DKI JAKARTA

  TEN MEGA TREND  

THINKING DEVELOPMENT  (LIFE LONG LEARNING)  KITA AKAN MENUJU:

  1. Belajar melalui kehidupan kita
  2. Belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan.
  3. Belajar berfokus pada kebutuhan nyata
  4. Belajar dengan seluruh kemampuan otak
  5. Belajar bersama
  6. Belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya .
  7. Belajar langsung dari berpikir
  8. Belajar melalui Pengajaran/pembelajaran
  9. Belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat (atau lambat?) untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar
  10. Belajar bagaimana belaja

 PEMBELAJARAN

  • Meningkatkan pemahaman dan memperbaiki proses belajar
  • Mendorong prakarsa belajar siswa
  • Mempreskripsikan strategi yang optimal
  • Kondisi membelajarkan siswa simultan
  • Memudahkan proses internal yg belajar
  • Menjadikan Belajar lebih efektif, efisien, dan menarik

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN SEHARUSNYA

  • Merefleksikan tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar
  • Belajar merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks
  • Pemusatan belajar dapat menjadi luas dan interdisipliner
  • Kurikulum memberi ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam memfasilitasi belajar
  • Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa
  • Gunakan pengetahuan dan reasoning yg kompleks lebih bermakna dari pada menghafal informasi.

 TEORI BELAJAR

TEORI bELAJAR

TEORI bELAJAR                                                                                                                                             

 Kondisi Pembelajaran

  • Tujuan Pembelajaran
  • Karakteristik Mata Pelajaran
  • Struktur Mata Pelajaran
  • Tipe Isi
  • Kendala
  • Buku,Media, Waktu, personalia, dana
  • Karakteristik pebelajar
  • Bakat, motivasi, perilaku, kebiasaan, kemampuan awal, status sosek dsb.

METODE PEMBELAJARAN

  • Strategi Pengorganisasian Isi
  • Mikro
  • Makro
  • Strategi Penyampaian
  • Media
  • Interaksi pebelajar dengan media
  • Bentuk/struktur pembelajaran
  • Strategi Pengelolaan
  • Penjadwalan
  • Pembuatan catatan kemajuan bel.
  • Pengelolaan Motivasi
  • Kontrol belajar

HASIL PEMBELAJARAN

  • Keefektifan
  • Kecermatan penguasaan perilaku
  • Kecepatan unjuk kerja
  • Kesesuaian dengan prosedur
  • Kuantitas unjuk kerja
  • Kualitas hasil akhir
  • Tingkat alih belajar
  • Tingkat retensi
  • Efisiensi
  • Waktu
  • Personalia
  • Sumber Belajar
  • Daya tarik
  • Keinginan untuk terus belajar

 

Hasil Belajar
Hasil Belajar

PEMBELAJARAN YG BERKUALITAS

  • Memfasilitasi terjadinya belajar pada peserta didik, hasil belajar optimal sesuai dengan potensinya
  • Bentuk fasilitasi adalah penyediaan sumber belajar

Pola Pembelajaran DULU:
Guru merupakan satu-satunya sumber belajar

KURIKULUM                PENETAPAN ISI DAN METODE                  GURU                    SISWA

PENDIDIKAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  • Era teknologi informasi & komunikasi menyebabkan ketidakselarasan pendidikan dengan tuntutan kebutuhan siswa dan  masa depan
  • Penguasaan teknologi informasi & komunikasi menjadi literasi dasar (di samping baca-tulis-hitung)
  • Sekolah/ pendidikan bukan lagi sebagai satu-satunya pangkalan ilmu pengetahuan
  • Proses pendidikan bergeser dari pendekatan konvensional ke arah multi sumber
  • Kesenjangan antara school knoledge dan out of school knowledge semakin lebar

Apakah para guru bisa menjadi manajer pembelajaran dengan menempatkan siswa menjadi klien, sama seperti klien pengacara atau profesi lain ?

PRAKTIKKAN SAJA

  • Anda belajar berbicara dengan berbicara
  • Anda belajar berjalan dengan berjalan
  • Anda belajar stir mobil dengan berkendara
  • Anda belajar mengetik dengan mengetik
  • Anda belajar paling baik adalah dengan mempraktikkan
  • Anda belajar memecahkan masalah dengan mempraktikkan memecahkan masalah
  • Anda belajar menulis, dengan anda mempraktikan menulis.

 TEN MEGA TREND  

THINKING DEVELOPMENT  (LIFE LONG LEARNING)  KITA AKAN MENUJU:

  1. Belajar melalui kehidupan kita
  2. Belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan.
  3. Belajar berfokus pada kebutuhan nyata
  4. Belajar dengan seluruh kemampuan otak
  5. Belajar bersama
  6. Belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya .
  7. Belajar langsung dari berpikir
  8. Belajar melalui Pengajaran/pembelajaran
  9. Belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat (atau lambat?) untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar
  10. Belajar bagaimana belaja

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN SEHARUSNYA

  • Merefleksikan tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar
  • Belajar merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks
  • Pemusatan belajar dapat menjadi luas dan interdisipliner
  • Kurikulum memberi ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam memfasilitasi belajar
  • Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa
  • Gunakan pengetahuan dan reasoning yg kompleks lebih bermakna dari pada menghafal informasi.

 TEORI BELAJAR

Kondisi Pembelajaran

  • Tujuan Pembelajaran
  • Karakteristik Mata Pelajaran
  • Struktur Mata Pelajaran
  • Tipe Isi
  • Kendala
  • Buku,Media, Waktu, personalia, dana
  • Karakteristik pebelajar
  • Bakat, motivasi, perilaku, kebiasaan, kemampuan awal, status sosek dsb.

METODE PEMBELAJARAN

  • Strategi Pengorganisasian Isi
  • Mikro
  • Makro
  • Strategi Penyampaian
  • Media
  • Interaksi pebelajar dengan media
  • Bentuk/struktur pembelajaran
  • Strategi Pengelolaan
  • Penjadwalan
  • Pembuatan catatan kemajuan bel.
  • Pengelolaan Motivasi
  • Kontrol belajar

HASIL PEMBELAJARAN

  • Keefektifan
  • Kecermatan penguasaan perilaku
  • Kecepatan unjuk kerja
  • Kesesuaian dengan prosedur
  • Kuantitas unjuk kerja
  • Kualitas hasil akhir
  • Tingkat alih belajar
  • Tingkat retensi
  • Efisiensi
  • Waktu
  • Personalia
  • Sumber Belajar
  • Daya tarik
  • Keinginan untuk terus belajar

 PEMBELAJARAN YG BERKUALITAS

  • Memfasilitasi terjadinya belajar pada peserta didik, hasil belajar optimal sesuai dengan potensinya
  • Bentuk fasilitasi adalah penyediaan sumber belajar

Pola Pembelajaran DULU:
Guru merupakan satu-satunya sumber belajar

KURIKULUM                PENETAPAN ISI DAN METODE                  GURU                    SISWA

PENDIDIKAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  • Era teknologi informasi & komunikasi menyebabkan ketidakselarasan pendidikan dengan tuntutan kebutuhan siswa dan  masa depan
  • Penguasaan teknologi informasi & komunikasi menjadi literasi dasar (di samping baca-tulis-hitung)
  • Sekolah/ pendidikan bukan lagi sebagai satu-satunya pangkalan ilmu pengetahuan
  • Proses pendidikan bergeser dari pendekatan konvensional ke arah multi sumber
  • Kesenjangan antara school knoledge dan out of school knowledge semakin lebar

Apakah para guru bisa menjadi manajer pembelajaran dengan menempatkan siswa menjadi klien, sama seperti klien pengacara atau profesi lain ?

PRAKTIKKAN SAJA

  • Anda belajar berbicara dengan berbicara
  • Anda belajar berjalan dengan berjalan
  • Anda belajar stir mobil dengan berkendara
  • Anda belajar mengetik dengan mengetik
  • Anda belajar paling baik adalah dengan mempraktikkan
  • Anda belajar memecahkan masalah dengan mempraktikkan memecahkan masalah
  • Anda belajar menulis, dengan anda mempraktikan menulis.

Recent Posts

Pencapaian Kompetensi Belajar, Dari sebuah Gagasan

Pusat Sumber Belajar (PSB) sebagaimana  adalah bagian integral dalam sistem pembelajaran. Ini berarti keberadaan suatu Pusat Sumber Belajar (PSB) sudah menjadi keharusan dalam setiap lembaga (sekolah/perguruan tinggi), bila ingin mencapai kompetensi yang telah dirumuskan dari setiap mata pelajaran atau mata kuliah. Sebab tanpa pemberdayaan sumber-sumber belajar yang memadai serta pegalaman yang konkrit dari setiap mata pelajaran/mata kuliah yang dipelajari peserta didik, maka wujud kompetensi dari mata pelajaran/mata kuliah tersebut tidak pernah diperoleh secara optimal.  Bagaimana peranan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam mencapai setiap tujuan atau kompetensi dari setiap mata pelajaran? Secara teknis Pusat Sumber Belajar (PSB) dapat menjadi laboratorium untuk semua mata pelajaran yang ada. Baik itu untuk digunakan langsung oleh siswa maupun melalui perantara guru.

Digunakan langsung oleh siswa, artinya siswa dapat belajar secara individual atau kelompok di Pusat Sumber Belajar (PSB), melalui program-program media yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan atau kompetensi dari mata pelajaran tertentu.

Sebab di Pusat Sumber Belajar (PSB)tersedia program-program audio-visual yang dapat menuntun siswa untuk mencapai kompetensi tertentu. Misalnya, untuk percobaan Fisika. Sebelum siswa melakukan percobaan terlebih dahulu ia diminta menonton program video tentang percobaan yang akan dilakukannya. Setelah ia paham tentang apa yang akan dilakukannya, barulah ia melakukan percobaan. Dengan demikian siswa dapat mencapai kompetensi tertentu sesuai dengan kecepatannya dalam belajar.

Melalui perantara guru, artinya guru mempersiapkan segala keperluan pengajarannya di Pusat Sumber Belajar (PSB) sebelum tampil di depan kelas. Baik itu media yang akan digunakan maupun teknik-teknik penyajiannya. Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang dilakukannya, akan berdampak kepada hasil belajar siswa. Selain itu, Pusat Sumber Belajar (PSB) dengan fungsi-fungsinya akan bersinergi dalam meningkatkan kualitas SDM secara menyeluruh, khususnya mereka yang terlibat dalam pengembangan sistem instruksional (guru, dosen, fasilitator, dan pengelola pembelajaran). Dengan meningkatnya kualitas SDM, berarti meningkat pula kualitas penyelenggaraan pendidikan di setiap lembaga, baik itu sekolah maupun perguruan tinggi.

  1. MANAJEMEN PERUBAHAN Comments Off on MANAJEMEN PERUBAHAN
  2. STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd Comments Off on STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd
  3. PRINCIPAL ROLE IN THE FIELD OF SCHOOL LIBRARY SERVICE By Papa Ovi aishiteru Arema Comments Off on PRINCIPAL ROLE IN THE FIELD OF SCHOOL LIBRARY SERVICE By Papa Ovi aishiteru Arema
  4. The school library Development . Nuril Anwar Comments Off on The school library Development . Nuril Anwar
  5. STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd Comments Off on STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd
  6. TANGGAL PENTING SEKITAR UN 2015 Comments Off on TANGGAL PENTING SEKITAR UN 2015
  7. Happy New Year Dear all friends Comments Off on Happy New Year Dear all friends
  8. Membandingkan Struktur Isi Dan Ciri Bahasa Dua Teks Eksposisi Comments Off on Membandingkan Struktur Isi Dan Ciri Bahasa Dua Teks Eksposisi
  9. DEAR ALL MOESLEMS WHO MI LOVE, HAPPY NEW YEAR 1 Reply