BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(efeiensi dan efektivitas)

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(efeiensi dan efektivitas)
DRS. H. ENDANG ABUTARYA, M.PD KOORDINATOR PENGAWAS SMA/SMK DKI JAKARTA

TEN MEGA TREND
Thinking Development (Life Long Learning) Kita Akan Menuju:
1. Belajar melalui kehidupan kita
2. Belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan.
3. Belajar berfokus pada kebutuhan nyata
4. Belajar dengan seluruh kemampuan otak
5. Belajar bersama
6. Belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya .
7. Belajar langsung dari berpikir
8. Belajar melalui Pengajaran/pembelajaran
9. Belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat (atau lambat?) untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar
10. Belajar bagaimana belaja

PEMBELAJARAN, diarahkan untuk . .. .. . .. .
• Meningkatkan pemahaman dan memperbaiki proses belajar
• Mendorong prakarsa belajar siswa
• Mempreskripsikan strategi yang optimal
• Kondisi membelajarkan siswa simultan
• Memudahkan proses internal yg belajar
• Menjadikan Belajar lebih efektif, efisien, dan menarik

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN SEHARUSNYA
• Merefleksikan tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar
• Belajar merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks
• Pemusatan belajar dapat menjadi luas dan interdisipliner
• Kurikulum memberi ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam memfasilitasi belajar
• Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa
• Gunakan pengetahuan dan reasoning yg kompleks lebih bermakna dari pada menghafal informasi.

TEORI BELAJAR




Kondisi Pembelajaran
• Tujuan Pembelajaran
• Karakteristik Mata Pelajaran
• Struktur Mata Pelajaran
• Tipe Isi
• Kendala
• Buku,Media, Waktu, personalia, dana
• Karakteristik pebelajar
• Bakat, motivasi, perilaku, kebiasaan, kemampuan awal, status sosek dsb.

METODE PEMBELAJARAN
• Strategi Pengorganisasian Isi
• Mikro
• Makro
• Strategi Penyampaian
• Media
• Interaksi pebelajar dengan media
• Bentuk/struktur pembelajaran
• Strategi Pengelolaan
• Penjadwalan
• Pembuatan catatan kemajuan bel.
• Pengelolaan Motivasi
• Kontrol belajar

HASIL PEMBELAJARAN
• Keefektifan
• Kecermatan penguasaan perilaku
• Kecepatan unjuk kerja
• Kesesuaian dengan prosedur
• Kuantitas unjuk kerja
• Kualitas hasil akhir
• Tingkat alih belajar
• Tingkat retensi
• Efisiensi
• Waktu
• Personalia
• Sumber Belajar
• Daya tarik
• Keinginan untuk terus belajar

PEMBELAJARAN YG BERKUALITAS
• Memfasilitasi terjadinya belajar pada peserta didik, hasil belajar optimal sesuai dengan potensinya
• Bentuk fasilitasi adalah penyediaan sumber belajar

PENDIDIKAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
• Era teknologi informasi & komunikasi menyebabkan ketidakselarasan pendidikan dengan tuntutan kebutuhan siswa dan masa depan
• Penguasaan teknologi informasi & komunikasi menjadi literasi dasar (di samping baca-tulis-hitung)
• Sekolah/ pendidikan bukan lagi sebagai satu-satunya pangkalan ilmu pengetahuan
• Proses pendidikan bergeser dari pendekatan konvensional ke arah multi sumber
• Kesenjangan antara school knoledge dan out of school knowledge semakin lebar

Apakah para guru bisa menjadi manajer pembelajaran dengan menempatkan siswa menjadi klien, sama seperti klien pengacara atau profesi lain ?
PRAKTIKKAN SAJA
• Anda belajar berbicara dengan berbicara
• Anda belajar berjalan dengan berjalan
• Anda belajar stir mobil dengan berkendara
• Anda belajar mengetik dengan mengetik
• Anda belajar paling baik adalah dengan mempraktikkan
• Anda belajar memecahkan masalah dengan mempraktikkan memecahkan masalah
• Anda belajar menulis, dengan anda mempraktikan menulis.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s