PROPOSAL CAR”PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN MULTI STRATEGI DENGAN TEKNIK PEMANFAATAN KECERDASAN MAJEMUK”

PROPOSAL CAR

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ISLAM PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMELALUI PEMBELAJARAN MULTI STRATEGI DENGAN TEKNIK PEMANFAATAN KECERDASAN MAJEMUK DI KELAS X/OTOTRONIK SMK NEGERI 10 SEMESTER GENAP TAHUN 2007-2008                                                                                                                                        Oleh: Nuril Anwar, S.Pd.
BAB I PENDAHULUAN
A.Deskripsi Masalah                                                                                                                       Pembelajaran pendidikan agama diarahkan untuk meningkatkan Penghayatan dan pengamalan Agama Islam bagi peserta didik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan(kognitif), penyikapan(afektif), dan pengamalan(psikomotorik), yang akhirnya mengantarkan peserta didik menjadi warga negara yang baik, karena memiliki integritas diniyah yang mantap dan loyalitas nasional yang tinggi(Diknas,2006). Khusus pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK NEGERI X peserta didik bertujuan agar peserta didik mampu secara aktif, kritis, dan kreatif memahami, menghayati, serta menerapkan kompetensi-kompetensi Dasar yang terdapat dalam KTSP tahun 2006, khususnya pada semester genap. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menemukan fenomena di kelas berupa kesulitan para guru untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Agama Islam khususnya pembacaan, pemahaman dan penerapan ayat-ayat Al Qur’an tentang Demokrasi. Metode-metode yang selama ini diterapkan masih belum ada yang secara optimal memanfaatkan potensi individu siswa yang seharusnya dapat ditumbuhkembangkan sesuai dengan jenis kecerdasan majemuk dan kombinasinya yang dimiliki siswa. Peneliti menyadari bahwa teori kecerdasan majemuk asal-usul penerapannya adalah untuk penyelenggaraan pendidikan secara makro, namun peneliti mencoba menerapkan teori kecerdasan majemuk ini dalam penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan teknik pemamfaatan kecerdasan majemuk di kelas X /Otrotonik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008.                                                       Dasar penerapan teori ini peneliti mengutip Howard Gardner,1987(dalam Hernowo, 2002 :1) yang menyatakan: Hal yang terpenting bagi kita adalah adalah menyadari dan mengembangkan semua ragam kecerdasan manusia dan kombinasi-kombinasinya. Kita berbeda karena memiliki kombinasi kecerdasan yang berlainan. Apabila menyadari hal ini, setidaknya kita punya peluang menangani berbagai masalah yang kita hadapi di dunia ini dengan baik. Karena itu dalam penelitian ini penulis berusaha dapat menerapkan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa kelas X Otrotonik Semester Genap Tahun 2008 dengan harapan melalui tindakan-tindakan dalam siklus-siklus penelitian ini daat menjadi solusi terhadap fenomena di atas yang dijaring melalui instrumen yang telah dipersiapkan.
                                                                                                                                                                              B. Rumusan Masalah
Adapun masalah yang dikemukanan,”Bagaimana meningkatkan kemampuan siswa SMK Negeri 10 kelas X otrotonik Semester genap tahun 2007-2008 melalui pembelajaran multi strategi dengan menerapkan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. Agar lebih rinci rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dibagi menjadi dua bagian sebagai berikut:                                                                                                                                                                     1). Bagaimana penerapan pembelajaran multi strategi dalam Pendidikan Agama dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas X Otrotonik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008?.                                                                                                                                                          2). Bagaimana penerapan pembelajaran multi strategi dalam Pendidikan Agama dengan pemanfaatan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X otrotonik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008.?
                                                                                                                                                                                C. Tujuan Penelitian                                                                                                                            Penelitian ini bertujuan agar peneliti memperoleh deskripsi objektif peningkatan kemampuan siswa kelas X ototronik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008 dalam pemahaman ayat-ayat Al Qur’an dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. Tujuan tersebut diaplikasikan dalam penerapan kompetensi dasar”memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi” sehingga akan mewarnai tujuan penelitian ini. Secara rinci tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1). memperoleh deskripsi objektif peningkatan kemampuan siswa di kelas X Otrotonik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008. 2). memperoleh deskripsi objektif peningkatan kreativitas siswa di kelas X Otrotonik SMK Negeri 10 Semester genap tahun 2007-2008.
                                                                                                                                                                    D.Manfaat Penelitian
                                                                                                                                                                             Hasil temuan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat memberi manfaat praktis bagi siswa secara langsung sesuai dengan tujuan penelitian ini dan manfaat-manfaat lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitan proses dan hasil belajar siswa. Bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat meningkatkan kualitan proses dan hasil dalam pembelajaran yang telah dirancang seseai denga standar ketuntasan belajar. Bagi sekolah/madrasah hasil Penelitian Tindakan Kelas ini akan bermanfaat untuk menambah aset baru sebagai kerangka acuan pengembangan mutu pembelajaran di SMK Negeri 10 Malang. Bagi pengembang kurikulum hasil Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat menjadi kerangka acuan dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Selain itu diharapkan pula dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu dalam pelaksanaan penelitian lebih lanjut.                                                                                                                                                                     E. Hipotesis Tindakan Untuk itu peneliti memilih judul” PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MULTI STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TEKNIK PEMAMFAATAN KECERDASAN MAJEMUK DI KELAS X/OTOTRONIK SMK NEGERI 10 SEMESTER GENAP TAHUN 2007-2008 “. Dengan judul ini diprediksikan peneliti dengan rencana tindakan yang berupa penerapan model pembelajaran Multi Strategi pendidikan agama Islam dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa Kelas X Ototronik SMK Negeri X Malang Semester Genap Tahun 007/2008. F.DEFINISI OPERASIONAL 1.Pembelajaran Multi Strategi: yang dimaksud pembelajaran multi strategi dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang berdasar pada prinsip pelaksanaan KTSP 2006, yakni yang mengacu pada 5 pilar pembelajaran. 2. Kecerdasan Majemuk : yaitu pembagian kecerdasan menjadi 8 jenis sebagaimana yang diungkapkan oleh Gardner (2003:22)yani: kecerdasan lenguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kenestetis-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis(Hernowo, 2002:2-4). 3.kreativitas siswa : Yang dimaksud kreativitas siswa dalam penelitian ini adalah kondisi siswa yang mampu mewujudkan konsep-konsep dalam kompetensi pembelajaran dalam bentuk yang diinginkan sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki. Hal ini dapat diukur dari hasil pengamatan karya siswa dan proses pembelajaran 4.kemampuan siswa : yang dimaksud kemampuan dalam penelitian ini adalah seperangkat kemampuan siswa yang telah tertuang dalam indikator-indikator pembelajaran yang dapat diukur dengan menggunakan postes.
                                                                                                                                                                                 BAB II KAJIAN PUSTAKA
                                                                                                                                                                          Konsep pembelajaran multi strategi dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang berdasar pada prinsip pelaksanaan KTSP 2006, yakni yang mengacu pada 5 pilar pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini memfokuskan beberapa strategi yang dapat menunjang penerapan teknik kecerdasan majemuk, sepertI: learning comunity, inquiri, dan quistoning, bahkan,jika waktu memungkin siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil karyanya dalam bentuk unjuk rasa tentang kandungan ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi sesuai dengan jenis kecerdasan masing-masing. Konsep Kecerdasan Majemuk(Multiple Intelligences)Gardner, 1987(dalam Hernowo,2002:2-4) memetakan lingkup kemampuan manusia yang luas menjadi menjadi delapan katagori yang komperhensip atau delapan”Kecerdasan Dasar” yang oleh Hernowo dinamakan “Kecerdasan Majemuk”. Setiap siswa memiliki potensi yang dapat dikembangkan menurut Gardner (2003:22) mendifinisikan yaitu kemampuan untuk menyelesaikan masalah, atau menciptaklan produk, yang berharga dalam satu/beberapa lingkungan budaya dan masyarakat. Untuk itu kecerdasan merupakan kesinambungan yang dapat dikembangkan seumur hidup. Teori kecerdasan majemuk membuka kemungkinan pada berbagai macam strategi pembelajaran yang mudah di kelas(Hernowo,2002). Oleh karena itu peneliti berusaha mengembangkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. Adapun delapan kecerdasan itu meliputi: kecerdasan lenguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kenestetis-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis(Hernowo, 2002:2-4). Kecerdasan lenguistik adalah kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulis. Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar. Kecerdasan spasial adalah kemampuan mempersepsi dunia spasial-visual. Kecerdasan kenestetis-jasmani adalah kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide atau perasaan. Kecerdasan musikal adalah keahlian menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara mempersepsi, membedakan mengubah, dan mengekspresikan. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengatagorikan spesies-flora-fauna di lingkungan sekitar. Sehubungan dengan hal tersebut Karakter pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk dikelompokkan menjadi dua tahapan sebagai berikut: Tahap pertama: 1. Siswa mendiskusikan pokok-pokok kemampuan/indikator yang harus dicapai. 2. Siswa Secara berkelompok menggali nilai-nilai yang diamanatkan ayat-ayat Al Qur’an yang mengupas demokrasi. Tahap kedua 1. Secara berkelompok menggali nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ayat-ayat Al Qur’an yang mengupas demokrasi. 2. Secara berkelompok siswa mengungkapkan nilai-nilai ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi dalam bentuk sesuai dengan jenis kecerdasan masing-masing. 3.Siswa secara berkelompok melakukan unjuk rasa dengan orasi, dan memamerkan hasil karya yang berhubungan dengan ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi. 4.Kelompok lain memberikan penilaian. Demikian sekilas konsep yang dapat kami paparkan sebagai bahan dasar untuk menyusun Kajian Pustaka dalam penelitian ini.
                                                                                                                                                                                           BAB III RENCANA TINDAKAN DAN PROSEDUR PENELITIAN
                  Lokasi Penelitian Tempat penelitian yang diambil adalah SMK NEGER 10 MALANG, Jalan Tlogowaru, Kedung KAndang Malang. Sekolah ini tergolong klasifikasi B dengan jumlah 7 kelas, yakni kelas X dengan 4 program, yakni: MEKANIK OTOMOTIF, OTROTONIK, MULTI MEDIA, dan TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. Subjek penelitian penulis memilih siswa kelas X/Ototronik, tahun pelajaran 2007-2008.  Alasan penelitian tersebut, pertama karena tempat bertugas peneliti sehingga dengan mudah dapat melakukan penelitian secara efektif. Kedua, pilihan kelas X/ Ototronik SMK Negeri 10 yang berjumlah 38 siswa, struktur kelasnya heterogen baik dari kemampuan akademis, setrata ekonomi, dan minat terhadap pembelajaran Pendidikan Agama yang beragam. Persiapan Penelitian Dalam penelitian ini peneliti merencanakan beberapa langkahkegiatan yang perlu dilakukan sebagai berikut:                                                                                                                   1). Mengobservasi karakteristik siswa yang akan dijadikan subjek penelitian.                             2). Mengamati pola pembelajaran pemahaman ayat-ayat Al Qur’an tentangdemokrasi di SMK Negeri 10.                                                                                                                                                                       3). Menentukan pengembangan penetapan berbagai strategi pembelajan, serta mengadakan revisi dan penyempurnaan yang berupa tindakan-tindakan pada siklus-siklus penelitian tindakan kelas berdasarkan kemampuan dasar memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi. Adapun rencana tindakan yang akan dilakukan meliputi beberapa langkah sebagai berikut: 1). Pembentukan kelompok belajar dengan menggunakan check list yang dilakukan sebelum pembelajaran dilakukan.                                  2). Menyiapkanm beberapa ayat Al Quran sesuai dengan jumlah kelompok pembelajaran. 2). Menyusun Rencana Pembelajaran pemahaman ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. 3). Menyusun instrumen monitoring pembelajaran pemahaman ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi dengan penerapan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. 4). Menyiapkan tugas-tugas yang harus dipilih siswa sesuai dengan kecerdasan majemuk yang dimilikinya berdasarkan penjaringan kelompok belajar yang sesuai. 5). Menyiapkan tulisan nama kelompok sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. 6). Menyiapkan Lembar Kerja Siswa (individu) yang dipersiapkan untuk setiap akhir pembelajaran. Siklus Penelitian Penelitian ini dirancang oleh peneliti dalam tiga siklus. Masing-masing siklus akan berfokus pada tindakan untuk mengatasi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi dengan penerapan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. Penentuan siklus berikutnya akan ditentukan berdasarkan hasil yang diharapkan dari tindakan yang telah dilakukan dinyatakan masih belum sesuai dengan target yang diharapkan dalam kompetensi dasar yang telah ditetapkan yaitu kemampuan memahami ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi. Pelaksanaan setiap siklus meliputi beberapa tahapan sebagai berikutr: 1.Tahap perencanaan(planning), meliputi pemilihan materi pembelajaran, penyusunan Rencana Pembelajaran(RP), dan persiapan lainnya. 2.Tahap pelaksanaan(action) meliputi penyajian pembelajaran dalam kelas sesuai dengan kompetensi Dasar memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. 3.Tahap pengamatan(observasi) yang dilaksanakan selama proses pembelajaran, meliputi proses pembelajaran dan hasil relajar siswa. 4.Tahap evaluasi(refleksi) yang meliputi analisis hasil dan rencana perbaikan pada siklus berikutnya. Secara rinci prosedur penelitian untuk semua siklus yang direncanakan sebagai berikut: Siklus I : 1.Rencana Tindakan(planning) •Menyusun Rencana Pembelajaran memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. •Menyiapkan format observasi untuk memperoleh hasil penilaian proses dengan menyiapkan rubrik penilaian untuk catatan hasil memahami ayat-ayat Al Quran, serta angket pertanyaan untuk pengelompokan siswa. 2.Tindakan I •Pelaksanaan pembelajaran memahami ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk. •Melakukan pengamatan keaktifan dan respon siswa selama proses pembelajaran. 3.Tindakan II •Mencatat hasil pengamatan keaktifan dan responsi siswa pada format yang telah disediakan •Mencatat hal-hal yang menarik (kendala atau keistimewaan) dari kegiatan siswa selama pembelajaran mermahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi. 4.Tindakan III •Mengolah data dengan menganalisis kecenderungan siswa secara kualitatif •Mengevaluasi hasil tindakan I dan II, serta pelaporan data I Siklus II: •Evaluasi terhadap pembelajaran pada siklus I •Pelaksanaan pembelajaran memahami ayat-ayat Al Quran tentang demokrasi dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk dengan Sub KD kedua.. •Mengukur kemampuan siswa dengan rubrik yang telah dipersiapkan. •Memonitor efesiensi dan efektivitas pelaksanaan model pembelaran alternatif. •Evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan model pembelajaran memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi. •Analisis dan refleksi. •Pelaporan data 2. Siklus III •Mengevaluasi hasil tindakan pada siklus II •Penerapan Model pembelajaran memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi.dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk dengan Sub KD ketiga •Melakukan pengamatan proses pembelajaran terencana dengan menggunakan format observasi proses pembelajaran yang telah disediakan. •Mengukur kemampuan menyusun sinopsis dari hasil memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi dalam bentuk ungkapan sesuai dengan jenis kelompok kecerdasan masing-masing. •Analisis dan refleksi tindakan siklus III(direncanakan tindakan terakhir) •Pelaporan data siklus III(siklus III ini dilaksanakan bila siklus II dianggap belum cukup) Pembuatan Instrumen Dalam penelitian ini akan dipersiapkan tiga macam instrumen, yaitu: Data awal dijaring dengan Lembar Angker dan hasil pretes, lembar observasi untuk mengkaji siswa dalam pembelajaran memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang demokrasi.dengan teknik pemanfaatan kecerdasan majemuk(data awal), lembar observasi proses pembelajaran berlangsung untuk menjaring data proses belajar, dan yang terakhir Lembar kreteria Penilaian untuk menjaring data hasil belajar siswa. Data yang dijaring dalam proses pembelajaran berupa keaktifan dan respon siswa dalam pembelajaran(sesuai dengan kebijakan di Sekolah tempat penelitian) yang tertuang dalam instrumen Lembar Observasi Proses Pembelajaran.                                                                                                                                   JADWAL PENELITIAN                                                                                                                                                   No. Hari, Tanggal Kegiatan Keterangan                                                                                                      1. Tahap Persiapan Kamis, 13 Desember2007 Konsultasi proposal dan Persetujuan.                  2. Jumat, 14 Desember 2007 Perbaikan Proposal                                                                                     3. Rabu, 19Desember 2007 Penyerahan proposal Tahap Pelaksanaan                                          4. 15 Januari 2008 Pelaksanaan Siklus I                                                                                                       5. 24 Januari 2008 Pelaksanaan Siklus II                                                                                                  6.  31 Januari 2008 Pelaksanaan Siklus III Tahap Pelaporan                                                             7.  1 Februari 2008 Penulisan Laporan Penelitian
                                                                                                                                                                         BAGIAN AKHIR LAMPIRAN-LAMPIRAN                                                                                                   Check List Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kecerdasan Ilmiah                                                  Tes Awal Pembejaran Pendidikan Agama                                                                                           Format Observasi Penilaian Proses Pembelajaran Agama                                                            DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENELITI                                                                                                      1.Nama : Nuril Anwar, S. Pd.                                                                                                  2.Tempat/tanggal lahir : Malang, 3 januari 1960                                                            3.Kewarganegaraan : Indonesia                                                                                                                                                                                                                           4.Status : Sudah Menikah 5.Alamat Kantor :Jalan Raya Tlogowaru, Kedung Kandang, Malang, Telepon: (0341) 754086 6.Alamat Rumah : Jalan Pandawa No. 25 Jeru, Turen, Malang. Telp. 0341826432. 7.Pendidikan 1). D1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1980 2). D3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1998 3). S1/Akta 4 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia1999/2000. 8.Pengalaman Pekerjaan 8.1Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun 1980 s.d. 1992 8.2Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Sri Tanjung Banyuwangi Tahun 1984 s.d. 1992 8. 3 Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al Azhar Turen 1994 s.d 1996 8.4 Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs. Negeri Malang-I Tahun 1992 s.d. 2007. 8.5 Mengajar di SMK Negeri 10 Malang, 8 Agustus 2007 s.d. Sekarang 9.Pengalaman Menulis: No.Judul Jenis Penerbit/Sumber Dana Tahun 1.Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pembaca Melalui Pembelajaran Menulis dengan Sistem Penilaian Sejawat Siswa MTs.N Malang-I Kelas IIG Tahun 2003/2004 PTK Proyek Pelita/PPM-SLTP Jawa Timur 2003 2.Menanmkan Nilai-nilai Moral Keagamaan Melalui Pembelajaran Menulis Cerpen Secara Terpadu Di Mts. N egeri Malang-I.Artikel Penelitian Komite Mts.N Malang-I 2004 3.Pembelajaran Menbaca cepat di Jenjang SLTP dengan Metode Gerak Mata Arikel Majalah KSU Barokah MtsN Malang-I SIUP 288.13/tdu[/XII/98 2000 4.Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Buku Teks ArikelMajalah KSU BarokahMtsN Malang-I SIUP 288.13/tdu[/XII/98 2001 5.Pokok-pokok Ajaran Islam dalam Puisi-puisi Religi Arikel Majalah KSU Barokah MtsN Malang-I SIUP 288.13/tdu[/XII/98 2001 6.Pembelajaran Bahasa Indonesia KBK Yang Siap Hadapi Unas Arikel Majalah Komunikasi/Univertas Negeri Malang 2006 7.Lembar Kerja Siswa Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 1 LKS Citra Mentari Group 2002 8.Lembar KKompetensi Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 LKS Citra Mentari Group 2005 9.Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 1 MTs/SLTP LKS Citra Mentari Group 2002 10.Lembar Kerja Siswa Bahasa Indonesia MTs/SLTP Kelas 3 Semester 2 LKS Citra Mentari Group 2004 11.Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 1 MTs/SLTP LKS Percetakan KSU Barokah 2004 12. Lembar Kerja Siswa Bahasa Indonesia MTs/SLTP Kelas 3 Semester 2 LKS Citra Mentari Group 2004 13.Lembar Kompetensi Siswa Bahasa Indonersia Kelas 1 Semester 1 LKS Citra Mentari Group 2004 14.Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 2 LKS Citra Mentari Group 2003/4/5 15.Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Ganjil LKS Citra Mentari Group 2005 16.Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester 2 SMP/MTs Se- Indonesia LKS CV Nur Persada Insani Jakarta 2005 Daftar Pustaka IKIP Malang,1993. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah IKIP Malang. Malang : IKIP Malang Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontektual. Malang: Univertas Negeri Malang. Rofiudin,Ahmad.1998. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas.Makalah disajikan dalam Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan VII 1998/1999, 28 September 1999. Malang: Lembaga Penelitian Malang. Amstrong,Thomas.2003. Sekolah Sang Juara.(Multi Intelegences In The Class room). Penerjemah: Yudi Murtanto. Bandung: Kaifa Dryden, Gordon, dan Dr. Jeannette Vos. 2003. Revolusi Cara Belajar( The Learning Revolution: Keajaiban Pikiran, bagian I) Penerjemah: Word + + Translation Service. Bandung: Kaifa Dryden, Gordon, dan Dr. Jeannette Vos. 2003. Revolusi Cara Belajar( The Learning Revolution: Sekolah Masa Depan, bagian II) Penerjemah: Word + + Translation Service. Bandung: Kaifa                                                                                                                        LAMPIRAN 1 :                                                                                                                                         CHECK LIST PENILAIAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMK NEGERI 10 MALANG                                                                                                                                                          Nama Siswa : ……………………. …. Kelas/Program : ………………………..                              Berilah Tanda Cek ( ) pada  pernyataan yang cocok!                                                                    1.(….) menulis dengan lebih baik dibandingkan teman-teman sebaya.                              2.(….) bercerita panjang lebar atau menyampaikan lelucon dan kisah-kisah                        3.(….) dapat mengingat nama, tempat, tanggal, atau hal-hal sepele                                         4.(….) suka game permaianan kata                                                                                                        5.(….) suka membaca buku                                                                                                                        6.(….) mengeja kata dengan tepat                                                                                                           7.(….) menyukai pantun, permainan kata, serangkaian kata yang sukar diucapkan.           8.(….) suka mendengarkan pernyataan-pernyataan lisan(cerita,ulasan,radio, buku bersuara).                                                                                                                                                         9.(….) meliliki kosa kata yang baik untuk anak seusianya                                                             10.(….) berkomunikasi dengan orang lain dengan cara yang sangat verbal.                              11.(….) banyak bertanya tentang cara kerja suatu hal                                                                     12.(….) suka bekerja atau bermain-main dengan angka.                                                                 13.(….) suka pelajaran matematika.                                                                                                      14.(….) menganggap game matematika dan computer menarik.                                                  15.(….) suka permainan catur, main dam, atau game strategi lain.                                            16.(….) suka mengerjakan teka-teki logika atau soal-soal yang sulit                                       17.(….) suka membuat kata gori, hierarki, atau pola logis lain.                                                  18.(….) senang melakukan eksperimen selama pelajaran atau waktu luang.                        19.(….) menunjukkan minat pada mata pelajaran yang berhubungan dengan sains.  20.(….) dapat mengerjakan tes berpikir logis tipe piegetian                                                        21.(….) dapat melaporkan bayangan visual dengan jelas                                                              22.(….) lebih mudah membaca peta, diagram, dan grafik dari pada teks.                             23.(….) suka melamun                                                                                                                            24.(….) suka kegiatan seni                                                                                                                        25.(….) pandai menggambar                                                                                                                   26.(….) senang melihat film, slide, atau kegiatan visual                                                             27.(….) suka mengerjakan puzzle , labirin, atau kegiatan visual sejenis                                28.(….) dapat mem,bangun kontruksi tiga dimensi yang menarik.                                          29.(….) lebih mudah belajar dengan gambar dari pada teks.                                                    30.(….) suka membuat corat-coret di buku kerja, kertas, atau bahan-bahan lain.            31.(….) menonjol di salah satu atau lebih cabang olah raga                                                          32.(….) selalu bergerak, tidak biasa diam, mengetuk-ngetuk, atau gelisah ketika duduk lama di suatu tempat.                                                                                                                             33.(….) pandai meniru gerak isyarat atau tingkah laku orang lain .                                             34.(….) suka membongkar pasang barang                                                                                            35.(….) menyentuh(dengan tangan) barang-barang yang baru ditemui.                                     36.(….) suka berlari, melompat, gulat, atau kegiatan fisik lain.                                                  37.(….) menunjukkan kemahiran dalam bidang keterampilan.                                                 38.(….) mampu mengekpresikan diri secara dramatis.                                                                 39.(….) menampakkan berbagai macam sensasi fisik ketika berfikir atau bekerja.                    40.(….) suka bekerja dengan tanah liat, atau pengalaman yang melibatkan sentuhan tangan.                                                                                                                                                         41.(….) dapat menunjukkan nada yang sumbang                                                                             42.(….) dapat mengingat melodi lagu                                                                                                 43.(….) memiliki suara yang merdu                                                                                                        44.(….) memainkan alat musik atau menyanyi bersama paduan suara                                    45.(….) memiliki cara berbicara/bergerak yang berirama.                                                           46.(….) bersenandung tanpa sadar                                                                                                      47.(….) mengetuk-ngetuk meja berirama saat sedang bekerja                                                  48.(….) peka pada bunyi-bunyian di sekitar                                                                                    49.(….) bekerja bersemangat bila musik dimainkan.                                                                     50.(….) suka bersosialisasi dengan teman sebaya.                                                                               51.(….) menyanyikan lagu yang tidak diajarkan di kelas.                                                              52.(….) berbakat menjadi pemimpin.                                                                                                  53.(….) memberi saran kepada teman yang mempunyai masalah                                             54.(….) mudah bergaul                                                                                                                        55.(….) menjadi anggota klab kelompok informal di antara teman sebaya.                          56.(….) senang mengajari anak-anak lain secara informal.                                                         57.(….) suka bermain dengan teman sebaya                                                                                     58.(….) mempunyai dua atau lebih teman dekat.                                                                           59.(….) memiliki empati yang baik atau perhatian kepada orang lain                                         60.(….) banyak disukai teman.                                                                                                               61.(….) menunjukkan sikap mandiri atau kemampuan yang keras.                                          62.(….) memahami dengan baik kekurangan dan kelebihan diri                                              63.(….) tidak mengalami masalah jika ditinggalkan bermain atau belajar sendiri.           64.(….) memiliki gaya hidup dan gaya belajar dengan irama tersendiri.                                 65.(….) memiliki minat dan hobi yang jarang dibicarakan                                                            66.(….) memiliki perencanaan diri yang baik.                                                                                   67.(….) lebih memilih bekerja sendiri dari pada bekerja sama dengan orang lain.            68.(….) dapat mengekpresiakan perasaan secara akurat                                                             69.(….) mampu belajar dari kegagalan dan keberhasilan yang pernah dialami.                  70.(….) memiliki rasa penghargaan terhadap diri sendiri yang baik                                        71.(….) berbicara banyak tentang kesayangan, atau lokasi wisata                                            72.(….) suka karyawisata di alam, kebun binatang, dan museum purbakala.                            73.(….) peka terhadap bentuk-bentuk alam, seperti: pemandangan alam,gunung, awan dsb.                                                                                                                                                                74.(….) senang merawat dan menyiram tanaman di ruang kelas.                                                     7 5.(….) suka bermain di sekitar kandang, akuarium.                                                                      76. (….) menunjukkan minat pada ekologi, alam tanaman, atau binatang.                                   77.(….) menyerukan hak-hak binatang, atau pelestarian alam.                                               78.(….) suka melakukan proyek yang berhubungan dengan alam ,misalnya mengamati jenis burung, koleksi serangga, dsb..                                                                                             79.(….) membawa binatang kecil/serangga/benda alam untuk dipamerkan teman di sekoklah.                                                                                                                                                      80.(….) dapat mengerjakan dengan baik tugas/pekerjaan yang bersinggungan dengan kehidupan.                                                                                                                                                              No. Jenis Kecerdasan Jumlah Kesimpulan Jenis Kecerdasan Utama dan Kombinasinya
1 .    Linguistik
2 .Matematis-Logis                                                                                                                                            3 .  Spasial
4 . Kenestetis-Jasmani
5 .Musikal
6 .  Interpersonal
7 .  Intrapersonal
 8 .  Naturalis                                                                                                                                               Mengetahui,
 Kepala SMK Negeri 10 Malang                                             Peneliti,
                                                                                                                                                                                 Dra. Faizah                                                                           Nuril Anwar, S.pd.                                           NIP. 130930026                                                                  NIP. 130920730
Posted 3 weeks ago by 
Labels: PTK

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s