Menganalisis Isi Teks Prosedur Kompleks

Menganalisis Isi Teks Prosedur Kompleks

Perhatikan Contoh Teks Prosedur Kompleks !

 Membuat Pupuk Kompos Sendiri

Pupuk kompos adalah jenis pupuk alami yang terbuat dari                  bahan-bahan alami seperti sampah daun dan juga kotoran hewan.  Pupuk kompos akan membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan  baik dan tanah pun menjadi gembur. Pupuk kompos sebenarnya  bisa dibuat sendiri dengan alat dan cara yang mudah.
Untuk menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik          dan  berkualitas berikut bahan dan langkah pembuatannya.
1. Siapkan bahan dan alat seperti kotoran ternak, jerami yang  dicacah, air, arang sekam, sampah daun, bubuk gergaji, EM4,  gula pasir, cangkul, sekop, karung goni, dan sarung tangan.
2. Siapkan media untuk membuat pupuk yang terlindung dari  sinar matahari dan hujan.
3. Buatlah larutan dekomposer caranya larutkan gula dengan  EM4 di dalam air.
4. Buat lapisan pertama, aduk rata campuran arang sekam  dengan kotoran ternak kemudian ditambahkan dekomposer  dan diaduk sampai rata.
5. Buatlah lapisan kedua, taburkan bubuk gergaji, sampah daun,  dan cacahan jerami sampai rata kemudian sirami lagi dengan  dekomposer.
6. Tutup rapat bahan tersebut dengan menggunakan karung          goni.
7. Lakukan pengadukan bahan sampai merata di hari kedua.
8. Lakukan pemeriksaan setiap pagi dan sore, caranya adalah  dengan memasukan tangan ke dalam adonan pupuk dengan  menggunakan sarung tangan, jika terasa panas dan tangan  tidak bisa menahan rasa panasnya maka adonan pupuk belum  siap untuk digunakan.
9. Periksa adonan pupuk di hari keempat (umumnya sudah  siap pakai di hari keempat), bila tangan sudah bisa menahan  rasa panasnya, maka pupuk sudah siap pakai.

Berdasarkan contoh yang telah kalian amati di atas ,  apakah  teks di atas termasuk ke dalam teks prosedur kompleks?  Mari kita cari tahu. Teks tersebut berjudul “Membuat Pupuk  Kompos Sendiri”. Judul teks sudah menunjukan bahwa isi  teks mengarah pada prosedur pembuatan sesuatu yaitu pupuk  kompos.  Isi dari teks juga menunjukan tentang tujuan yaitu        untuk  menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik         dan  berkualitas serta berisi langkahlangkah pembuatan pupuk  kompos itu sendiri.

Bahan dan  alat juga tercantum dalam teks ini. Langkah-langkah juga dituliskan secara runtut dan jelas. Isi teks  tersebut sudah termasuk ke dalam teks prosedur kompleks.

Analisis Teks Prosedur Kompleks

Analisis teks prosedur kompleks perlu dilakukan untuk  mendapatkan pengertian dan pemahaman teks secara benar.  Analisis berfungsi sebagai penelaahan pada bagian-bagian dari teks prosedur kompleks. Analisis yang akan  dilakukan dalam materi kali ini adalah analisis isi teks  prosedur kompleks.
Teks prosedur kompleks bisa disajikan dalam bentuk  makalah tertulis yang disusun secara teratur.  Teks prosedur kompleks juga bisa disajikan dalam  bentuk presentasi lisan dengan menggunakan media slide.  Hasil presentasi tersebut kemudian bisa didiskusikan  bersama di kelas. Misalnya teks prosedur kompleks  tersebut berhubungan dengan langkah-langkah untuk bisa belajar dengan maksimal sehingga  setiap mata pelajaran tidak hanya bisa dipahami tetapi  juga bisa dikuasai. Diskusi akan banyak membantu  untuk menambahkan kekurangan dari teks prosedur  kompleks yang sudah dibuat.
Untuk menganalisis isi teks prosedur kompleks bisa  dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek berikut.
1. Isi teks mengandung kalimat perintah atau imperatif.
2. Berisi langkah-langkah pembuatan, proses, atau cara untuk   membuat  dan menggunakan sesuatu.
3. Memiliki tujuan dari prosedur yang dilakukan,yakni agar pembaca mudah memahami, dan mudah menerapkannya.
4. Memaparkan bahan dan alat yang digunakan yang digunakan  untuk melakukan langkah-langkah yang terdapat dalam  teks prosedur kompleks.
5. Berisi langkah-langkah yang berturutan(sistematis).

Kesimpulan                         Dari hasil analisis di atas dapat kita simpulkan bahwa Teks  prosedur kompleks merupakan jenis teks yang berisi tahapan-tahapan dalam sebuah kegiatan tertentu atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan  sebuah kegiatan atau pekerjaan dan untuk mencapai  tujuan secara urut atau runtut.

 

Recent Posts

Pencapaian Kompetensi Belajar, Dari sebuah Gagasan

Pusat Sumber Belajar (PSB) sebagaimana  adalah bagian integral dalam sistem pembelajaran. Ini berarti keberadaan suatu Pusat Sumber Belajar (PSB) sudah menjadi keharusan dalam setiap lembaga (sekolah/perguruan tinggi), bila ingin mencapai kompetensi yang telah dirumuskan dari setiap mata pelajaran atau mata kuliah. Sebab tanpa pemberdayaan sumber-sumber belajar yang memadai serta pegalaman yang konkrit dari setiap mata pelajaran/mata kuliah yang dipelajari peserta didik, maka wujud kompetensi dari mata pelajaran/mata kuliah tersebut tidak pernah diperoleh secara optimal.  Bagaimana peranan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam mencapai setiap tujuan atau kompetensi dari setiap mata pelajaran? Secara teknis Pusat Sumber Belajar (PSB) dapat menjadi laboratorium untuk semua mata pelajaran yang ada. Baik itu untuk digunakan langsung oleh siswa maupun melalui perantara guru.

Digunakan langsung oleh siswa, artinya siswa dapat belajar secara individual atau kelompok di Pusat Sumber Belajar (PSB), melalui program-program media yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan atau kompetensi dari mata pelajaran tertentu.

Sebab di Pusat Sumber Belajar (PSB)tersedia program-program audio-visual yang dapat menuntun siswa untuk mencapai kompetensi tertentu. Misalnya, untuk percobaan Fisika. Sebelum siswa melakukan percobaan terlebih dahulu ia diminta menonton program video tentang percobaan yang akan dilakukannya. Setelah ia paham tentang apa yang akan dilakukannya, barulah ia melakukan percobaan. Dengan demikian siswa dapat mencapai kompetensi tertentu sesuai dengan kecepatannya dalam belajar.

Melalui perantara guru, artinya guru mempersiapkan segala keperluan pengajarannya di Pusat Sumber Belajar (PSB) sebelum tampil di depan kelas. Baik itu media yang akan digunakan maupun teknik-teknik penyajiannya. Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang dilakukannya, akan berdampak kepada hasil belajar siswa. Selain itu, Pusat Sumber Belajar (PSB) dengan fungsi-fungsinya akan bersinergi dalam meningkatkan kualitas SDM secara menyeluruh, khususnya mereka yang terlibat dalam pengembangan sistem instruksional (guru, dosen, fasilitator, dan pengelola pembelajaran). Dengan meningkatnya kualitas SDM, berarti meningkat pula kualitas penyelenggaraan pendidikan di setiap lembaga, baik itu sekolah maupun perguruan tinggi.

  1. MANAJEMEN PERUBAHAN Comments Off on MANAJEMEN PERUBAHAN
  2. STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd Comments Off on STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd
  3. PRINCIPAL ROLE IN THE FIELD OF SCHOOL LIBRARY SERVICE By Papa Ovi aishiteru Arema Comments Off on PRINCIPAL ROLE IN THE FIELD OF SCHOOL LIBRARY SERVICE By Papa Ovi aishiteru Arema
  4. The school library Development . Nuril Anwar Comments Off on The school library Development . Nuril Anwar
  5. STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd Comments Off on STANDARDISASI PERPUSTAKAAN SEBUAH GAMBARAN OLEH: NURIL ANWAR .SPd
  6. TANGGAL PENTING SEKITAR UN 2015 Comments Off on TANGGAL PENTING SEKITAR UN 2015
  7. Happy New Year Dear all friends Comments Off on Happy New Year Dear all friends
  8. Membandingkan Struktur Isi Dan Ciri Bahasa Dua Teks Eksposisi Comments Off on Membandingkan Struktur Isi Dan Ciri Bahasa Dua Teks Eksposisi
  9. DEAR ALL MOESLEMS WHO MI LOVE, HAPPY NEW YEAR 1 Reply