Tujuh Langkah Sukses

Tujuh langkah sukses adalah jalan utama yang harus anda lalui untuk menuju kesuksesan anda, sebab jika anda  tidak mengikuti sistem ini anda akan kehilangan arah dalam bisnis ini dan jaringan yang anda bawa pun akan ikut kehilangan arah, jika anda perhatikan banyak yang berhasil dan memperoleh keuntungan yang berlimpah dari bisnisnya, hal itu karena sistemnya yang luar biasa, begitu pula dengan tujuh langkah sukses yang merupakan sistem yang sudah teruji dari pengalaman para leader yang sudah berhasil di bisnis ini. Oleh karena itu, jangan ada satupun yang tidak anda jalani atau bahkan anda “diskon” dalam menjalani tujuh langkah sukses ini. Bapak randu, bapak andhika serta para leader lainnya yang sudah lebih dulu sukses di bisnis ini senantiasa tetap menjalankan tujuh langkah sukses, begitu pula dengan anda yang tidak lama lagi merupakan calon orang sukses berikutnya.

1.Impian & sikap
Seberapa besar keberhasilan di bisnis ini ditentukan oleh seberapa besar impian kita dan 95% sikap kita terhadap bisnis ini. Mengapa?

Tidak ada ada bos di bisnis ini.
Anda adalah business owner pada jaringan anda sendiri. Leader/sponsor anda hanyalah orang yang lebih dulu terjun di usaha ini. Jadi anda sendirilah yang menentukan sebesar apa usaha anda nantinya dan seberapa cepat usaha anda ingin berkembang.Modal sangat kecil sehingga resikonya pun sangat kecil.Segala hal yang besar di dunia ini berasal dari impian dan sikap kita.
Luangkan waktu sejenak untuk merenung & tuliskan minimal 10 hal yang ingin anda lakukan dan anda dapatkan jika sukses di bisnis ini. Bentuknya harus tertulis & tervisualisasi, bukan cuma di dalam pikiran saja. Setelah itu tempelkan di tempat yang sering anda lihat, seperti sebelah tempat tidur anda, meja belajar, ataupun folder atau agenda kuliah / kerja anda. Anda akan takjub dengan kekuatan dari impian yang anda tulis tersebut nantinya.
Tentukan berapa besar penghasilan yang akan anda raih, buatlah target, kapan rp.500.000,- per minggu, kapan 1juta per minggu, kapan 5 juta per minggu dan setelah itu take action!!
Bacalah buku ”berfikir & berjiwa besar” karangan david j. Schwartz.

Sikap positif
1.Terhadap diri sendiri
Manusia adalah produk dari pikirannya. Kalau anda berpikir anda adalah orang biasa saja, maka anda akan menjadi orang biasa. Tetapi kalau anda berpikir anda adalah orang sukses, maka anda akan menjadi orang sukses. Karena kita akan berpikir dan melakukan hal-hal yang dilakukan orang sukses.
2. Terhadap orang lain
Semua orang harus kita hargai & senyumi. Silaturahmi mendatangkan rezeki & senyum adalah ibadah.
3. Terhadap belajar
Tidak ada superman di dunia ini, maksudnya tidak ada manusia yang dilahirkan langsung menjadi orang luar biasa. Tuhan maha adil, orang yang mau belajar; yang mau kerjakeraslah yang akan diberi kesuksesan. Lebih penting mana, malas datang ke pertemuan, malas baca buku, malas mendengar kaset, atau impian anda?!!!
4.Terhadap kerja keras
Kesuksesan ditentukan 10% keberuntungan / bakat + 90% kerja keras!!
5. Terhadap masalah & kegagalan
Dalam apapun pasti ada masalah. Masalah diciptakan untuk manusia agar maju & berkembang. Setiap kali kita mendapatkan masalah dan kita pecahkan, kita akan menjadi lebih dewasa. Jadi bersyukurlah kalau ada masalah. Untuk sukses memang sulit, tapi lebih sulit lagi kalau kita tidak sukses! Tidak ada orang gagal yang ada hanyalah orang yang berhenti sebelum sukses!
“saya tidak pernah gagal. 2000 kali lampu tidak menyala adalah proses untuk terciptanya 1 lampu menyala!!”
-thomas alfa edison-(bayangkan jika beliau berhenti dipercobaan ke 1999, itu adalah sama seperti ketika anda berhenti dibisnis ini ketika ditolak persentasi. Thomas alfa edison tidak akan mendapatkan 1 lampu yang menyala dan anda tidak akan mendapatkan impian anda!!)
2. Membuat daftar nama; prospekting
Bisnis anda ini adalah business people kekuatan awal bisnis anda adalah relasi atau referensi.
prinsip :

  1. Jangan pilih-pilih

Dalam membuat daftar nama jangan berpikir “sepertinya dia tidak bisa/tidak mau menjalani bisnis ini”. Jangan jadi dukun / peramal! Yang berhak menentukan dia mau atau tidak mau menjalankan bisnis ini adalah dia sendiri, bukan kita!
Berpikirlah “apabila anda sukses, kira-kira siapakah yang ingin anda ajak?” Artinya semua orang yang anda kenal wajib anda tulis. Semua orang berhak untuk sukses!!

  1. Tertulis

Dalam membuat daftar nama, anda wajib untuk menulisnya.
Perusahaan yang besar memiliki daftar nama karyawan & kliennya. Sebaliknya kalau perusahaan kecil tidak. Terserah anda mau memiliki bisnis yang besar atau kecil.

  1. Duplikasikan

Banyak member yang berhenti karena tidak lagi ada presentasi di jaringannya. Hal ini rata-rata bukan dikarenakan member malas presentasi tapi member kehabisan orang untuk dipresentasi. Bayangkan anda menulis 40 prospek dalam daftar nama anda, dan 40 prospek anda tersebut menulis 40 nama lagi, dan seterusnya.
Generasi i              : 40 nama
Generasi ii             : 1600 nama
Generasi iii            : 64000 nama
Dst.

Kalau daftar nama kita habis, atau kenalan kita ditempat kita yang baru tidak ada. Solusinya adalah prospecting!!
langkah-langkah prospecting :

  1. Dalam prospecting, mindset kita diawal adalah untuk menambah teman, jangan singgung masalah bisnis (build trust) dulu. Buka percakapan dgn jangan banyak ngomong tapi lebih sering bertanya & mendengarkan “form” (family, occupation, recreation, & message ) maksimal 5 menit!!
  2. Untuk masuk ke bisnis bisa dibuka dengan pertanyaan, misal:
  • Apakah ingin berlangganan pulsa murah? Atau bahkan pulsa gratis jika mau menjalankan sistemnya.
  • Selain kuliah, adakah keinginan untuk hidup mandiri? (untuk pelajar)
  • Selain kerja ingin tidak nambah uang dapur? (untuk pekerja)
  • Tertarik ingin berwirausaha tidak? (untuk pengangguran)
  1. Kalau mereka menjawab tertarik, langsung lanjutkan ke langkah sukses mengundang.

Kalau mereka menjawab tidak, jangan langsung diajak berbisnis. Jadikan teman saja. Suatu saat, ada masanya orang berubah atau sewaktu bertemu anda & anda sudah menyetir bmw pribadi anda, dia pasti tertarik. Selalu semangat, itu kuncinya!
Jangan pernah memaksakan kehendak kepada prospek anda, namun buka pola pikirnya & ajak untuk menghadiri pertemuan dbs. Apabila tetap tidak berhasil??
Solusinya adalah prospecting!!
Jadi “win-win solution”, kalau tidak dapat prospek, minimal anda dapat teman baru!!
Kiat jago dalam prospecting adalah baca buku berpikir & berjiwa besar,  sering-seringlah prospekting!! Minimal 1 prospek / hari!!

3. Mengundang
Mengundang adalah membuat janji bertemu untuk empresentasikan konsep bisnis dbs. Tujuan mengundang adalah fix waktu & tempat untuk presentasi.
Mengundang bisa lewat telpon, sms, atau saat bertemu langsung, ketika mengundang lewat telpon tentukan dulu waktu kosong prospek.

Prinsip mengundang :

  1. Pelajari apa kesukaan atau yang disukai oleh calon undangan (temukan hot button).

Hal tersebut bisa diketahui dengan pertanyaan, misal:

  1. Apakah ingin berlangganan pulsa murah? Atau bahkan pulsa gratis jika mau menjalankan sistemnya.
  2. Selain kuliah adakah keinginan untuk hidup mandiri? (untuk pelajar)
  3. Selain kerja, ingin tidak nambah uang dapur? (untuk pekerja)
  4. Tertarik ingin berwirausaha tidak? (untuk pengangguran)
  5. Dll.
  6. Mengundang bukanlah menjelaskan karena hal tersebut akan dijelaskan secara terperinci dalam presentasi. Jangan ceritakan modal, hasil dan konsep bisnis anda. Ceritakan sebatas profil perusahaan yang akan kita ajak kerjasama ( pt duta future international adalah badan hukum yang legal & memiliki siup, npwp, sk mentri hukum & ham) , produk (pulsa hp murah, transaksi simpel, cepat & 24 jam non-stop) , atau fasilitas diskon pembelian motor (honda, suzuki & yamaha) & kartu diskon di lebih dari 5000 merchant ternama (lebih jelasnya, cek web).
  7. Buat prospek penasaran atas informasi yang akan anda berikan artinya mengundang cukup singkat saja.

Jangan sampai terpancing atas pertanyaan dari orang yang akan anda undang. Setiap kali orang bertanya, jawab: mohon maaf, saya belum tahu secara detailnya, untuk lebih jelasnya kita bertemu aja sama rekan / mentor saya (leader).

  1. Minta komitmen untuk kehadirannya, misalnya sebelum acara presentasi di mulai, anda harus konfirmasi terlebih dahulu. Takutnya kalau prospek ternyata tidak bisa. Padahal leader sudah jauh-jauh datang.

Contoh topik mengundang adalah :

  1. Belajar cara berbisnis dengan pengusaha sukses (dengan leader)
  2. Tawaran mendapatkan diskon motor yamaha, suzuki & honda
  3. Tawaran mendapatkan pulsa murah seumur hidup.
  4. Tawaran mendapatkan diskon di > 5000 merchant
  5. Tawaran kerjasama usaha
  6. Peluang untuk merubah nasib
  7. Mohon bantuan analisa bisnis baru / bincang-bincang usaha
  8. Minta bantuan mengembangkan usaha
  9. Dan lain-lain,

Tiga langkah awal inilah ( impian & sikap, daftar nama dan mengundang ) yang benar-benar harus anda kuasai untuk tahap awal anda bergabung di bisnis ini, dan bisa dipastikan anda akan memiliki bisnis yang besar dalam waktu yang anda targetkan.
Beberapa contoh cara mengundang yang menarik, bisa lewat telpon, sms, atau saat bertemu langsung.
Misalnya, “…eh kamu pengen langganan pulsa murah ga? Bayangin beda harga nya terpaut jauh banget dua ribu sampai tiga ribu rupiah di bandingkan dengan yang ada di pasaran!!! Trus kalo pengen dapat untung kamu bisa jual-jual lagi ke temen-temen kamu…” O iya trus gimana caranya? “nah…kalo itu temenku yang tahu, dia anak (misalnya itb, unpad, atau rekan kerja,dll), kebetulan besok siang (atau tentukan waktunya kapan) dia akan datang kesini, kamu ikut aja ok…” Atau bahkan bisa dapat pulsa gratis seumur hidup lho kalau mau menjalankan sistemnya!”
Untuk teman dekat:

  1. Jangan pernah berbohong, tetap harus memberitahu kalau mau ada sharing sebuah usaha/kerjaan.
    1. Misal, katakan, kita dan teman-teman bekerjasama membuka usaha mobile counter pulsa, dan rencananya akan dibuka cabang dilingkungan prospek (lawan bicara kita).
    2. Penghasilan yang ditawarkan besar, waktu kerja singkat dan fleksibel bahkan bisa take home.
    3. Tapi yang dibutuhkan hanya beberapa orang.
    4. Karena kamu teman dekatku, maka kamu yang saya ajak.
    5. Daripada nanti posisinya diisi orang lain. Sayang banget.
    6. Tenang aja nanti kita kerjanya bareng-bareng, jadi bisa saling bantu.
    7. Atur waktu untuk ketemuan dengan leader dan edifikasi leader.

Kalau ditemani leader:

  1. Bro, sudah tertarik pengin hidup mandiri belum? Atau punya penghasilan sendiri? Atau bantu orangtua? (kalau jawabannya sudah, lanjutkan).
    1. Besok jam…… ada acara ga? (kalau jawabannya sudah ada acara, tembak alternative waktu yang lain, sampai ketemu waktu kosong.) (kalau jawabannya tidak ada acara, lanjutkan)
    2. Wah, beruntung banget, aku punya temen walaupun masih mahasiswa sudah bisa hidup mandiri, bahkan memiliki penghasilan & usaha sendiri. Kebetulan banget besok beliau mau main kekosku jam segitu.
    3. Aku ingin belajar dari beliau, bayangkan walaupun masih mahasiswa penghasilan sudah sendiri bahkan bisa ngirim duit buat ortu lagi (edifikasi leader kita dengan tulus), pengin ga seperti itu? (kalau dijawab ingin)
    4. Ya udah klo gitu besok temenin aku yah buat belajar dari beliau. Orangnya luar biasa banget, sukses tapi ramah banget.

(kalau prospek nanya: “emang dia usahanya apa?” Belum tau yang penting besok kita belajar aja dari beliau, kapan lagi bisa belajar dari orang seperti beliau. Biar kita juga bisa menjadi mahasiswa yang berpenghasilan juga seperti beliau.
Pastikan bahwa mengundang ini adalah sesuatu pekerjaan yang sangat menyenangkan buat anda. Anda kerjakan sambil rileks tanpa rasa tegang sedikitpun dan buat bisnis anda menjadi besar, sukses untuk anda.
4. Presentasi & clossing
Presentasi adalah memberikan informasi tentang peluang bisnis dbs yang belum 100% prospek anda mengerti sistemnya, secara singkat, padat, antusias/semangat, jujur dan prospek harus paham.
Presentasi sama seperti ketika anda diminta cerita sesuatu. Sewaktu presentasi disarankan memakai pakaian yang rapi dan bersih. Why? Karena orang melihat bisnis ini dari sikap & penampilan anda sendiri. (build trust) goals dari presentasi ada 3, yaitu:
1. Membuat prospek kita antusias untuk datang di acara bos,
2. Fix waktu & tempat untuk follow up selanjutnya, dianjurkan max 2 x 24jam,
3. Akan lebih baik lagi kalau setelah presentasi langsung diajak ke warnet untuk melihat bukti id s para leader yang sudah sukses di dbs & foto-foto para leader di situs
Presentasi anda dikatakan sukses apabila salah satu dari 3 goals tersebut tercapai, lebih diharapkan lagi 3 goals tersebut tercapai semua. Dan presentasi anda bisa dikatakan gagal kalau tidak ada satupun yang tercapai dari 3 goal tersebut.
Anda harus bisa presentasi, paling tidak bisa menjelaskan konsep bisnis secara one on one. Jangan terlalu menggantungkan kepada sponsor / leader anda, tetapi untuk tahap awal anda boleh meminta bantuan leader anda untuk presentasi.
Rahasia menjadi presenter yang jago & handal adalah sering melakukan presentasi, karena kuantitas menentukan kualitas. Pengaruh dari jumlah presentasi ke bisnis kita adalah:

  1. Jika anda presentasi 8x/bulan bisnis anda akan bertahan. (income tetap)
  2. Jika anda presentasi 15x/bulan, bisnis anda akan berkembang.

(income naik linier)

  1. Jika anda presentasi 30x/bulan, no one can stop you! (income naik eksponensial)

Macam presentasi dilaksanakan dalam bentuk :

  1. Prospek (one on one)
  2. Berkelompok (home meeting)
  3. Presentasi akbar (bussiness opportunity seminar)

Langkah-langkah presentasi:

  1. (2,5 menit) berkenalan, basa-basi singkat (form) & build trust (cth. Terbaik : bilang kita menjalankan bisnis ini untuk membantu orang tua / keluarga)
  2. (2,5 menit) cari hot button (apa yang dia inginkan) dengan cara, bertanya & mendengarkan, contoh apakah anda pengin punya penghasilan tambahan / hidup mandiri / membantu orangtua / membantu finansial keluarga? Dll. Kalau sudah ketemu, jawab: bagus anda bisa mendapatkannya disini.
  3. (10 menit) presentasikan profil perusahaan, produk, fasilitas yang didapat kalau bergabung, subsidi cukup 3 subsidi saja yang diceritakan: “subsidi sponsor, pasangan & titik”, lalu prediksi terburuk 1tahun menjalankan bisnis ini. Setiap selesai menjelaskan 1 subsidi, jelaskan hitung-hitungan bahwa perusahaan untung besar. Kalau tidak pakai hitung-hitungan prospek rata-rata malah takut & tidak percaya sehingga tidak akan bergabung.
  4. Setiap selesai 1 sesi dalam presentasi, selalu ucapkan: “untuk lebih jelasnya datang ke acara bos, bukti-bukti realnya ada disana” & selalu panas-panasi hot-button prospek.
  5. Edifikasi selalu leader anda & bos (business opportunity seminar)

5. Follow up (tindak lanjut)
Follow up adalah menindak lanjuti calon mitra anda yang sudah dipresentasi.
Tujuan follow up adalah untuk mengetahui seberapa besar minat calon mitra anda sekaligus mengajarkan sistem kepada prospek atau partner bisnis anda.
Dapatkan kepastian prospek kita untuk bergabung atau tidak, ketika follow up.
Follow up yang benar adalah : anda bertanya atas keberatan atau ketidaktahuan calon mitra anda, atasi segala keberatannya, yakinkan tentang prospek bisnis anda ke depannya & jangan pernah berdebat!!
Follow up yang terbaik adalah ajak ke bos!!
Langkah tindak lanjut / follow up :

  1. Presentasi ulang secara singkat calon mitra anda memakai brosur untuk penyegaran ingatan.
  2. Buka pola pikirnya dan paradigmanya. (paradigma umum vs paradigma sukses)
  3. Tanyakan apa yang menarik dari bisnis ini. Bukan bisnis ini menarik / tidak. Senantiasa bangun impian / dreams prospek anda.
  4. Gali impiannya. Dengan cara tanyakan dari prediksi terburuk saja 1 tahun bisa mendapatkan penghasilan 45juta. Jika 1 tahun kemudian anda mendapat penghasilan tersebut. Apa yang akan anda lakukan? Apakah hidup anda akan berubah? Edifikasi leader-leader yang sukses!

(kami sarankan dilakukan diwarnet, sembari membuka login para leader & lihat foto-foto para leader di http://www.duta4future.com. Karena orang akan lebih yakin kalau melihat sendiri daripada sekedar diceritakan oleh orang lain.)

  1. Atasi keberatannya dengan jangan pernah berdebat. Ungkapkan pengalaman pribadi anda. Dengan mengungkapkan pengalaman pribadi kita, maka akan terbentuk suatu kesamaan nasib / pengalaman yang akan membuat prospek anda menjadi senasib & sepenanggungan sehingga akan tercipta rasa aman dihati prospek.
  2. Isi formulir pendaftaran.
  3. Ajarkan sistem (7 langkah sukses)! Ajarkan saat itu juga untuk membuat daftar nama dan teknik mengundang yang benar.
  4. Rencanakan juga dengan mitra anda untuk mengatur jadwal presentasi / pertemuan.

Yang paling penting setelah anda melakukan follow up selain clossing adalah tentukan waktu dan tempat untuk presentasi teman-teman prospek anda, jadi lingkaran kerja kita adalah “presentasi untuk mencari follow up dan follow up untuk mencari presentasi”.
6. Good team player (konsultasi & edifikasi but no crosslining)!
Good team player mengandung tiga prinsip dasar dalam building a network yang dapat membuat bisnis anda besar atau bahkan membuat bisnis anda hancur berkeping-keping.
Tiga prinsip dasar good team player:
Konsultasi
Konsultasikan selalu perkembangan bisnis anda kepada sponsor / leader anda setiap minggu, supaya anda mendapat bimbingan dari mereka dan dibantu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi sehingga bisnis anda akan tetap berkembang. Karena merekalah yang peduli akan kesuksesan anda.

Edifikasi
Edifikasi = membangun / memberi kekuatan / mempromosikan / memuji / menghormati sesuatu.
Edifikasi merupakan prinsip dasar & kunci vital anda bekerja sebagai pembangun jaringan (network builder).
Edifikasikan selalu sponsor / leaderanda, perusahaan anda, partner bisnis anda, cross line anda, buku-buku positif dan juga semua pertemuan dbs!!
Contoh edifikasi : sebelum anda meminta bantuan presentasi kepada leader anda, ceritakan terlebih dahulu mengenai kelebihan-kelebihan leader anda tersebut (edifikasi), misalnya anda boleh bicara pada prospek anda, temen saya yang akan mengajarkan kita bisnis nanti adalah orang hebat, beliau walaupun masih mahasiswa tetapi sudah menjadi pengusaha, yang bisa membiayai dirinya sendiri bahkan sudah bisa ngasih ke orang tuanya, karena beliau lebih berpengalaman dalam bisnis ini maka suatu kehormatan bagi kita semua karena beliau mau meluangkan waktunya untuk menjelaskan bisnis yang sangat luar biasa ini kepada kita. Intinya anda mempromosikan leader anda.
Hal ini bertujuan agar prospek anda mau mendengarkan, respek atau menanggapi apa yang disampaikan oleh leader anda karena pada umumnya 95% orang bergabung di bisnis ini ketika sudah paham. Dan kemungkinan mereka pasti paham karena mereka mau mendengarkan leader kita yang sudah kita edifikasi. Ciri sukses bahwa edifikasi sudah berjalan dengan baik adalah presenter merasa nyaman ketika mempresentasikan bisnis ini.
Jangan pernah mengedifikasi diri sendiri, karena akan terkesan anda sombong. Semua orang tidak suka orang sombong. Mintalah partner bisnis anda untuk edifikasi anda. Kalau terpaksa tidak ada yang mengedifikasi anda, edifikasilah para leader. Anda boleh menceritakan hasil yang anda peroleh di bisnis ini, hanya jika ditanya oleh prospek anda. Itupun juga singkat saja.
Kemudian satu hal yang tidak boleh terlupakan, misalkan ketika anda diedifikasi oleh partner bisnis anda, anda harus edifikasi balik partner bisnis anda tersebut. Kalau tidak, semua partner bisnis anda kalau minta bantuan ke anda terus. Anda akan sibuk sendiri & duplikasi tidak akan berjalan lancar karena semua jaringan anda bertumpu pada anda, padahal anda memiliki waktu & tenaga yang terbatas. Hal ini bertujuan agar partner bisnis anda meminta bantuan tidak hanya ke anda, sehingga duplikasi akan berjalan.
No crosslining
Tidak berbicara tentang bisnis apalagi kekurangan anda di bisnis ini kepada orang yang bukan di jaringan anda (kolega bisnis) tetapi bicarakanlah kepada leader anda.
Jika mental anda sedang down, jangan curhat kepada partner bisnis anda, tapi selalu konsultasikan ke leader/konsultan bisnis anda, sebaliknya apabila mental anda sedang berada di atas, segeralah memberi semangat kepada para partner bisnis anda.
Diskusikan mengenai kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan cara mengatasinya hanya kepada leader anda
7. Pengembangan pribadi (memanfaatkan alat bantu)
Alat bantu yang harus anda gunakan adalah support sistem kita, (leader, buku, kontak cd & pertemuan).
Kembangkan potensi anda sebagai seorang pemimpin (leader), dengan bakat dan segala potensi yang anda miliki.
Langkah dasar menjadi seorang leader :

  1. Selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa, agar anda diberi kemudahan dalam menjalani bisnis ini.
  2. Lakukan minimal 3 x presentasi setiap minggu secara kontinyu & lakukan follow up dengan benar.
  3. Membaca buku minimal 15 menit per hari dari buku-buku yang direkomendasikan.

1.  Berpikir & berjiwa besar, david j.swartz
2.  Cashflow quadrant, robert t. Kiyosaki
3.  Business school, robert t. Kiyosaki
4.  Skill with people, les giblin

  1. Hadir & promosikan setiap pertemuan yang diadakan oleh dbs (bos, leadermeeting, ndt serta ss)
  2. Selalu berpikir positif, bekerja kelompok (team work), edifikasi orang-orang disekeliling anda.
  3. Tindakan / kerja anda berbicara lebih keras daripada kata-kata anda.
  4. Mempunyai hati yang bersih, tidak iri / dengki atas kesuksesan orang lain.

Sudah kita ketahui dbs adalah salah satu shortcut untuk sukses & kaya raya. Walaupun ini shortcut jangan kita cut-cut lagi langkah-langkah untuk sukses tersebut! Lakukanlah semua langkah dari 7 langkah sukses! Leader-leader dbs sudah membuktikan. Asalkan kita komitmen minimal 1tahun, insyaallah kesuksesan sudah ada di tangan kita.
Komitmen kita terlihat dari apakah kita pernah bolos bos!!
Jangan pernah alasan!! Komitmen, selalu hadir dalam acara bos selama 1 tahun!!
Ok, sukses selalu saudara-saudaraku! Be rich and go freedom!!!
Catatan penting untuk presenter / trainer :

  1. Pelajari dengan baik materi pembicaraan anda, karena apa yang anda katakan akan diikuti oleh banyak orang.
  2. Pilih gaya bahasa yang paling mudah dipahami dan sistematis sehingga mudah untuk dipelajari & diduplikasi.
  3. Gunakan ilustrasi berupa cerita-cerita yang mendukung & menjelaskan maksud anda.
  4. Uraian diatas hanyalah panduan. Akan lebih baik jika dalam penyampaian anda menggunakan potensi dan gaya anda sendiri dengan kerangka materi diatas.
  5. Selalu akhiri segala pembicaraan atau forum dengan kata motivasi.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s